6 CARA MENGATASI SCIATICA (NYERI DISEKITAR PANGGUL)

April 22, 2024 | Dea

sciatica, sciatica adalah, sciatica icd 10, sciatica pain adalah, sciatica adalah penyakit, sciatica treatment, apa itu sciatica, obat sciatica, yesdok

Sobat Yesdok, Sciatica adalah kondisi yang menyebabkan nyeri yang meluas dari bagian bawah punggung hingga ke kaki karena tekanan pada saraf tulang belakang. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Mengatasi Sciatica

Berikut adalah enam cara yang dapat membantu mengatasi sciatica, antara lain:
 

1. Peregangan dan Latihan Fisik  

Melakukan latihan dan peregangan yang ditujukan untuk memperkuat otot-otot sekitar tulang belakang dan panggul dapat membantu mengurangi ketegangan dan nyeri otot dan meningkatkan fleksibilitas otot.
 

2. Terapi Panas dan Dingin  

Penggunaan kompres panas atau dingin pada area yang terkena sciatica dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Kompres panas dapat mengendurkan otot yang tegang, dan kompres dingin dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan.
 

3. Obat Anti-inflamasi Non-Steroid (NSAIDs) 

Untuk mengurangi peradangan dan nyeri yang disebabkan oleh sciatica, obat anti-inflamasi non-steroid seperti ibuprofen atau naproxen dapat membantu, tetapi obat-obatan ini harus diresepkan oleh dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping.
 

4. Perawatan Osteopati  

Perawatan osteopati, yang melibatkan manipulasi tubuh untuk meningkatkan mobilitas tulang belakang dan mengurangi tekanan pada saraf, dapat membantu meredakan nyeri sciatica dan meningkatkan kualitas hidup beberapa individu.
 

5. Terapi Fisik

Terapi fisik yang dilakukan di bawah bimbingan profesional kesehatan terlatih dapat membantu memperkuat otot-otot sekitar tulang belakang dan panggul, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi nyeri sciatica. Jenis latihan khusus, teknik peregangan, dan manipulasi tubuh dapat termasuk dalam terapi ini.
 

6. Pembedahan

Jika kondisi semakin parah dan perawatan konservatif tidak menghasilkan hasil yang diharapkan, pembedahan dapat dipertimbangkan sebagai pilihan terakhir. Tujuan dari prosedur pembedahan adalah untuk mengurangi tekanan pada saraf dan mengatasi penyebab utama sciatica, seperti herniasi disk. Namun, pasien harus mempertimbangkan dengan cermat keputusan mereka untuk menjalani prosedur.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cedars-sinai.org/health-library/diseases-and-conditions/s/sciatica.html

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12792-sciatica

https://www.hss.edu/condition-list_sciatica.asp

YesDok Ads