6 CARA BERHENTI KECANDUAN MASTRUBASI

February 22, 2024 | Dea

kecanduan masturbasi, bagaimana cara menghentikan kecanduan masturbasi, cara berhenti kecanduan masturbasi, cara mengatasi kecanduan masturbasi, cara mengatasi kecanduan masturbasi pada pria, yesdok

Sobat Yesdok, banyak orang biasa melakukan masturbasi, tetapi ketika itu menjadi kebiasaan yang berlebihan dan mengganggu kehidupan sehari-hari, itu dapat menjadi masalah. Kecanduan masturbasi dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik, emosional, dan hubungan interpersonal seseorang. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Cara Berhenti Kecanduan Masturbasi

Berikut adalah enam cara efektif untuk mengatasi kecanduan masturbasi, antara lain:
 

1. Kenali Pola Perilaku

Mengidentifikasi pola perilaku adalah langkah pertama dalam mengatasi kecanduan masturbasi. Perhatikan frekuensi, situasi, dan pemicu yang memicu keinginan untuk masturbasi. Memahami pola ini dapat membantu untuk mengatasinya.
 

2. Tentukan Tujuan dan Motivasi

Tentukan tujuan untuk mengurangi atau berhenti masturbasi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Memikirkan efek buruk kebiasaan ini pada kesehatan dan kehidupan anda. Memiliki motivasi yang kuat akan membantu tetap fokus dan terus berjuang untuk menghentikan kecanduan ini.
 

3. Cari Distraksi Positif

Temukan hobi atau kegiatan lain yang dapat mengalihkan perhatian dari keinginan untuk melakukan masturbasi. Aktivitas fisik seperti berolahraga atau yoga dapat membantu mengurangi stres dan kegelisahan yang dapat menyebabkan kebiasaan ini. Untuk mengurangi kemungkinan kembali ke perilaku yang tidak sehat, berkonsentrasi pada hal-hal yang positif dan bermanfaat.
 

4. Batasi Akses Terhadap Stimulasi Seksual

Batasi akses terhadap materi atau stimulasi seksual yang dapat memicu keinginan untuk masturbasi. Ini dapat mencakup mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan sendirian di tempat-tempat yang memicu kebiasaan ini, menghindari konten seksual di internet, atau menghindari situs web atau media sosial yang mendorong masturbasi.
 

5. Cari Dukungan Sosial

Dukungan dan pemahaman dapat diberikan dengan berbicara dengan teman atau keluarga yang dipercaya, meminta pendapat orang lain dapat membantu menghindari rasa malu dan terisolasi. 
 

6. Praktikkan Teknik Manajemen Stres

Karena masturbasi seringkali dikaitkan dengan stres dan kecemasan, penting untuk belajar teknik manajemen stres seperti meditasi, pernapasan dalam, atau relaksasi otot progresif. Mengendalikan stres dengan baik dapat membantu anda mengurangi keinginan untuk melakukan masturbasi sebagai cara untuk mengatasi stres.

Kecanduan masturbasi membutuhkan kesabaran dan komitmen. Penting untuk diingat bahwa perubahan tidak akan terjadi secara instan. Namun, anda dapat mengatasi kebiasaan ini dan memulai perjalanan menuju kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik dengan tekad yang kuat dan dukungan yang tepat.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://psychcentral.com/health/masturbation-addiction

https://www.lybrate.com/topic/unhealthy-masturbation-10-ways-you-can-overcome-it/36cb25a325a681ef57f31c1fe1b60c6c

https://pharmeasy.in/blog/how-and-why-you-need-to-stop-masturbating/

YesDok Ads