6 CARA ATASI SESAK NAPAS

March 25, 2024 | Dea

bagaimana mengatasi sesak napas, cara mengatasi orang sesak napas, kenapa sering sesak napas, cara mengatasi orang sesak napas, apa yang harus dilakukan jika sesak napas, yesdok

Sobat Yesdok, sesak napas adalah kondisi yang dapat mengganggu dan menakutkan, terutama saat muncul secara tiba-tiba. Ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti masalah pernapasan, kondisi medis tertentu, atau bahkan stres. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Cara Atasi Sesak Napas

Berikut adalah enam cara yang dapat membantu anda meredakan gejala sesak napas, antara lain:
 

1. Bernapas Perlahan dan Dalam

Pelajari teknik pernapasan yang tenang saat mengalami sesak napas. Untuk menenangkan tubuh dan mengurangi rasa sesak napas, duduklah atau berbaring dengan nyaman dan tarik napas perlahan melalui hidung. Kemudian hembuskan napas secara perlahan melalui mulut.
 

2. Posisi Tubuh yang Dibantu

Anda dapat mengurangi sesak napas dengan mengubah posisi tubuh. Coba duduk tegak dengan bahu yang rileks atau duduk di kursi yang nyaman dengan punggung yang didukung. Dengan mencondongkan badan ke depan atau mengangkat kedua lengan ke atas, beberapa orang merasa lebih baik.
 

3. Menggunakan Alat Bantu Pernapasan

Gunakan alat pernapasan seperti nebulizer atau inhaler sesuai petunjuk dokter. Alat-alat ini dapat membantu membuka saluran napas sehingga orang lebih mudah bernapas dan tidak mengalami sesak napas.
 

4. Mengurangi Aktivitas Fisik

Jika aktivitas fisik yang berlebihan, seperti berolahraga, menyebabkan sesak napas, berhentilah sejenak dan istirahatlah sampai napas kembali normal. Mengurangi intensitas atau durasi latihan juga dapat membantu mencegah sesak napas.
 

5. Menghilangkan Faktor Pemicu

Identifikasi faktor yang menyebabkan sesak napas dan hindari mereka jika memungkinkan. Misalnya, jika alergi terhadap bulu hewan atau debu, bersihkan rumah anda secara teratur dan hindari kontak dengan alergen.
 

6. Minum Air Putih

Untuk pernapasan yang sehat, anda harus minum air putih dalam jumlah yang cukup sepanjang hari untuk mencegah dehidrasi, yang dapat memperburuk gejala sesak napas.

Cari bantuan medis segera jika anda mengalami sesak napas yang parah, berkepanjangan, atau disertai dengan gejala lain seperti nyeri dada atau pusing yang parah. Meskipun tindakan di atas dapat membantu gejala sesak napas ringan hingga sedang.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/home-treatments-for-shortness-of-breath

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319175

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/breathing-problems-and-exercise

 

YesDok Ads