6 CARA ATASI SALURAN ASI TERSUMBAT, MOMS WAJIB TAHU INI!

January 18, 2024 | Dea

cara mengatasi saluran asi yang tersumbat, mengatasi saluran asi tersumbat, saluran asi tersumbat, ASI susah keluar, kesulitan menyusui bayi, ASI tersumbat, penanganan ASI tersumbat, yesdok

Sobat Yesdok, beberapa ibu menyusui sering mengalami saluran asi tersumbat, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan menyebabkan masalah yang lebih serius seperti mastitis. Karena itu, penting bagi mereka untuk mengetahui cara mengatasi masalah ini. Ini adalah enam saran yang dapat diterapkan oleh ibu.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Cara Atasi Saluran ASI Tersumbat

Berikut beberapa cara untuk mengatasi saluran ASI yang tersumbat, antara lain:
 

1. Kompres Hangat

Untuk membuka saluran asi yang tersumbat, gunakan kompres hangat pada area yang terkena. Sebelum menyusui atau memerah asi, rendam handuk dalam air hangat dan letakkan di sekitar area payudara.
 

2. Pijatan Lembut

Meningkatkan aliran asi dengan pijatan lembut pada daerah yang sakit atau keras dapat membantu. Pijatlah payudara dengan lembut selama menyusui atau setelahnya.
 

3. Menyusui secara Efektif

Pastikan bayi menyusu dengan benar. Posisi menyusui yang tepat membantu bayi mendapatkan lebih banyak asi dan menghindari sumbatan.
 

4. Pumping atau Memerah Asi

Jika saluran asi tetap tersumbat setelah menyusui, anda dapat mencoba memompa asi atau memerahnya secara perlahan. Ini dapat menurunkan tekanan pada saluran dan merangsang produksi asi.
 

5. Istirahat dan Perawatan Diri

Sangat penting bagi ibu untuk merawat diri dan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Pastikan anda menghindari stres, memastikan ibu tidur cukup, dan menghindari hal-hal lain yang dapat menyebabkan kesulitan.
 

6. Konsultasi dengan Ahli Laktasi atau Dokter

Segera berkonsultasi dengan ahli laktasi atau dokter jika sumbatan tidak kunjung membaik atau menyebabkan ketidaknyamanan yang parah. Dokter atau ahli laktasi dapat memberikan panduan khusus dan menentukan apakah mungkin ada masalah lain yang perlu diatasi.

Mastitis, yang dapat menyebabkan infeksi serius pada payudara, dapat dicegah dengan segera mengobati saluran asi yang tersumbat. Mama harus waspada terhadap gejala mastitis seperti demam, kemerahan, dan nyeri yang meningkat. Segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala ini.

Dengan mengikuti tindakan ini, ibu dapat mengatasi saluran asi yang tersumbat dan menjaga kesehatan dan kenyamanan payudara selama masa menyusui. Sangat disarankan untuk tetap memperhatikan gejala Anda dan berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://kinfertility.com.au/blog/how-to-clear-a-clogged-milk-duct

https://www.lancastergeneralhealth.org/health-hub-home/motherhood/fourth-trimester/everything-you-need-to-know-about-clogged-milk-ducts

https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/managing-plugged-ducts-mastitis-when-breastfeeding

YesDok Ads