6 CARA ATASI SAKIT LEHER SETELAH BANGUN TIDUR

January 02, 2024 | Dea

leher sakit saat bangun tidur, bangun tidur leher sakit, bangun tidur leher sakit kepala pusing, sakit leher saat bangun tidur, cara mengatasi sakit leher saat bangun tidur, bangun tidur leher kanan sakit, yesdok

Sobat Yesdok, sakit leher setelah bangun tidur dapat menjadi hal yang tidak menyenangkan dan dapat mengganggu kenyamanan dan produktivitas sepanjang hari. Faktor-faktor seperti posisi tidur yang tidak tepat, stres, atau ketegangan otot dapat menyebabkan ketidaknyamanan ini. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Cara Atasi Sakit Leher

Berikut ini beberapa cara atasi sakit leher saat bangun dari tidur, antara lain:
 

1. Pilih Bantal yang Mendukung

Bantal yang tepat dapat sangat membantu mengurangi sakit leher. Pastikan bantal Anda mendukung leher dan kepala Anda dengan tulang belakang sejajar.
 

2. Latihan Leher yang Teratur

Untuk meredakan ketegangan dan menguatkan otot-otot leher, latihan sederhana seperti memiringkan kepala atau memutar leher secara perlahan dapat membantu.
 

3. Periksa Posisi Tidur 

Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan sakit leher. Cobalah untuk tidur dalam posisi yang mendukung alami kurva tulang belakang, seperti tidur dengan bantal di bawah lutut untuk meredakan tekanan pada leher.
 

4. Kompres dengan suhu Panas atau Dingin

Anda dapat meredakan ketegangan otot dengan memanaskan atau mendinginkan area yang sakit. Selama 15-20 menit, tutup area yang sakit dengan kompres hangat atau dingin.
 

5. Praktek Peregangan Pagi Hari

Gerakan seperti memiringkan kepala ke samping atau menarik dagu ke dada adalah beberapa cara untuk meregangkan leher saat bangun tidur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan kekakuan otot.
 

6. Perhatikan Postur Tubuh 

Selama sepanjang hari, mempertahankan postur tubuh yang sehat dapat membantu mencegah sakit leher. Pastikan untuk duduk dan berdiri dengan posisi yang mengurangi tekanan pada leher.

 

Jika terus mengalami sakit leher setelah bangun tidur atau menjadi lebih buruk, konsultasikan dokter. Dengan melakukan perubahan gaya hidup sederhana ini dan memperhatikan kesehatan leher secara teratur, anda dapat merasa lebih nyaman saat tidur dan tidak merasa sakit saat bangun pagi.
 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://wphphysio.com.au/7-ways-to-alleviate-pain-in-your-neck-from-stress/

https://www.healthline.com/health/neck-pain/waking-up-with-neck-pain#neck-exercises

https://www.verywellhealth.com/why-does-my-neck-hurt-when-i-wake-up-7557815

https://www.health.harvard.edu/pain/say-good-night-to-neck-pain

 

YesDok Ads