6 CARA ATASI PUTING LECET SAAT MENYUSUI, SIMAK YUK MOMS!

December 15, 2023 | Dea

cara mengatasi puting lecet, contoh puting lecet, puting lecet berdarah, puting susu lecet, salep buat puting lecet, cara mengatasi puting lecet digigit bayi, pengobatan puting lecet, yesdok,

Sobat Yesdok, menyusui adalah momen spesial antara ibu dan bayi, terutama bagi ibu yang baru melahirkan, tetapi terkadang puting yang lecet dapat mengganggu momen ini. Ibu dapat merasa tidak nyaman dan sakit jika putingnya terluka. Dalam artikel ini kita akan membahas enam metode alami yang efektif untuk mengatasi puting lecet saat menyusui dalam artikel ini.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

6 Cara Atasi Puting Lecet

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi puting yang lecet akibat menyusui, antara lain:
 

1. Jaga Kebersihan dan Keringat Puting Payudara

Menjaga keringat dan kebersihan area di sekitar puting payudara sangat penting. Puting harus dibersihkan dengan air hangat setelah menyusui dan biarkan kering secara alami. Jangan menggunakan sabun yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
 

2. Gunakan Air Susu Maternal

Oleskan air susu maternal yang tersisa pada areola dan puting setelah menyusui. Air susu maternal mengandung sifat antibakteri, yang membantu mempercepat proses penyembuhan.
 

3. Gunakan Pelumas yang Aman

Jika anda ingin melembabkan puting payudara, pilih pelumas yang aman, seperti minyak kelapa atau lanolin. Setelah menyusui, oleskan tipis-tipis untuk menghindari puting kering dan retakan.
 

4. Kompres Dingin dan Hangat

Setelah menyusui, gunakan kompres dingin untuk meredakan peradangan dan rasa sakit. Sebelum menyusui, gunakan kompres hangat untuk meningkatkan aliran darah dan mempersiapkan puting untuk menyusui.
 

5. Pilih Posisi Menyusui yang Benar

Pilih posisi menyusui yang tepat untuk menghindari tekanan berlebihan pada puting. Pastikan bayi berada dalam posisi yang tepat agar tidak mengiritasi areola dan puting.
 

6. Gunakan Breast Pad yang Menyerap

Gantilah breast pad yang menyerap secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kekeringan puting.
 

Sangat diperlukan perhatian dan perawatan khusus untuk mengatasi puting lecet saat menyusui. Ibu dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan dengan mengikuti tindakan alami ini. Sebaiknya anda segera berkonsultasi kepada dokter jika kesulitan untuk menangani permasalahan menyusui tersebut. 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.pregnancybirthbaby.org.au/sore-cracked-or-bleeding-nipples

https://www.mustelausa.com/blogs/mustela-mag/9-natural-ways-to-treat-and-prevent-sore-nipples-from-breastfeeding

https://www.verywellfamily.com/prevent-sore-nipples-when-breastfeeding-4102072

https://www.medicalnewstoday.com/articles/cracked-nipples#summary

 

YesDok Ads