6 BAHAYA SELALU MERASA KESEPIAN BAGI KESEHATAN TUBUH

March 08, 2024 | Dea

dampak kesepian, dampak dari kesepian, dampak kesepian dilihat dari ilmu psikologi, dampak kesepian untuk tubuh, dampak merasa kesepian, dampak orang kesepian, dampak orang yang mengalami kesepian, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun sering dianggap sebagai masalah emosional atau psikologis, rasa kesepian sebenarnya juga dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik seseorang. Studi telah menunjukkan bahwa tingkat kesepian yang tinggi dapat meningkatkan kemungkinan terkena berbagai masalah kesehatan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Bahaya Kesepian

Berikut ini enam bahaya utama yang dapat merusak tubuh akibat kesepian, antara lain:
 

1. Penyakit Jantung dan Stroke

Sejauh ini, kesepian telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Orang yang kesepian juga cenderung mengalami tekanan darah tinggi, tingkat inflamasi yang lebih tinggi, dan masalah tidur, semua faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
 

2. Penurunan Fungsi Kekebalan Tubuh

Kesepian dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh. Orang yang kesepian memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah terhadap infeksi, yang dapat membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi dan memperlambat proses penyembuhan.
 

3. Depresi dan Kecemasan

Kecemasan dan depresi seringkali disebabkan oleh kesepian. Rasa terisolasi dan terputus dari hubungan sosial dapat menyebabkan perasaan sedih dan kecemasan yang berkepanjangan. Depresi dan kecemasan yang tidak diobati dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental seseorang.
 

4. Gangguan Tidur

Seseorang dapat mengalami gangguan pola tidur, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gangguan tidur kronis. Kurang tidur atau tidur yang buruk telah terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes, obesitas, dan gangguan kesehatan mental.
 

5. Penurunan Fungsi Kognitif

Selain itu, kesepian dapat berdampak pada fungsi kognitif seseorang. Individu yang mengalami kesepian cenderung mengalami penurunan kemampuan kognitif, termasuk masalah memori, kesulitan berkonsentrasi, dan penurunan kemampuan untuk membuat keputusan.
 

6. Penurunan Harapan Hidup

Menurut beberapa penelitian, kesepian dapat dikaitkan dengan penurunan harapan hidup dan memiliki tingkat mortalitas yang lebih tinggi daripada orang yang merasa terhubung secara sosial. Ini mungkin karena dampak negatif kesepian terhadap kesehatan fisik dan mental mereka.

Langkah pertama dalam mengatasi masalah ini adalah mengidentifikasi bahaya kesepian. Terlibat dalam kegiatan sosial, meminta dukungan dari teman dan keluarga, dan meminta bantuan profesional jika diperlukan. Merawat kesehatan mental dan meningkatkan hubungan sosial adalah cara penting untuk mengurangi risiko kesepian dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cdc.gov/emotional-wellbeing/social-connectedness/loneliness.htm

https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2023/diseases-linked-to-loneliness.html

https://www.verywellmind.com/loneliness-causes-effects-and-treatments-2795749

 

YesDok Ads