6 BAHAYA POSISI TIDUR TELENTANG BAGI BUMIL, HINDARI YUK

January 17, 2024 | Dea

posisi tidur ibu hamil, posisi tidur ibu hamil 3-4 bulan, posisi tidur ibu hamil dengan plasenta previa, posisi tidur yang sehat untuk ibu hamil, bahaya tidur telentang ibu hamil, tidur telentang bumil, yesdok

Sobat Yesdok, sangat penting bagi seorang ibu untuk tidur dengan nyaman dan berkualitas, tetapi ada beberapa posisi tidur yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Artikel ini akan membahas enam bahaya tidur telentang bagi bumil.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Bahaya Tidur Telentang Bagi Bumil

Berikut ini beberapa bahaya tidur telentang bagi bumil, antara lain:
 

1. Pembatasan Aliran Darah

Tidur telentang dapat mengurangi aliran darah ke rahim dan janin. Posisi ini dapat mengurangi pasokan darah dan nutrisi yang diperlukan bayi untuk berkembang, terutama selama trimester kedua dan ketiga kehamilan.
 

2. Tekanan pada Pembuluh Darah Utama

Tidur telentang dapat menempatkan tekanan pada vena cava inferior, pembuluh darah utama yang membawa darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Tekanan ini dapat menghambat aliran darah kembali ke jantung, yang mengakibatkan penurunan tekanan darah dan suplai darah ke bayi.
 

3. Gangguan Pernapasan

Pada trimester terakhir kehamilan, pernapasan menjadi lebih sulit jika anda duduk telentang karena rongga perut tertekan. Meningkatkan risiko sindrom gawat janin, juga dikenal sebagai SIDS pada bayi.
 

4. Tekanan pada Punggung Bawah

Anda tidak seharusnya menempatkan tekanan yang lebih tinggi pada panggul dan tulang belakang bagian bawah karena ini dapat menyebabkan nyeri punggung dan masalah postur yang mungkin dialami selama kehamilan.
 

5. Peningkatan Risiko Preeklampsia

Studi menunjukkan bahwa tidur telentang selama kehamilan dapat meningkatkan risiko preeklampsia, menyebabkan tekanan darah tinggi, kerusakan organ, dan komplikasi lainnya. 
 

6. Perubahan Tekanan Darah secara Tiba-tiba

Tekanan darah ibu dapat turun secara tiba-tiba, menyebabkan pusing atau pingsan, ketika dia berubah dari tidur terlentang ke duduk atau berdiri.
 

Menggunakan bantal pendukung, seperti bantal di antara lutut atau di bawah sisi, dapat membantu bumil merasa nyaman dan mendukung saat tidur dan memilih posisi tidur yang lebih aman.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/sleeping-positions-while-pregnant

https://health.clevelandclinic.org/exactly-how-bad-is-it-to-sleep-on-your-back-when-youre-pregnant

https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=sleeping-positions-during-pregnancy-85-P01238

YesDok Ads