6 BAHAYA MENGALAMI SERANGAN PANIK

February 27, 2024 | Dea

serangan panik, serangan panik adalah, cara mengatasi serangan panik, ciri ciri serangan panik, gejala serangan panik, penyebab serangan panik, serangan panik saat tidur, yesdok

Sobat Yesdok, serangan panik adalah peristiwa yang sangat menakutkan dan mengganggu yang bisa terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan. Meskipun serangan panik biasanya tidak membahayakan secara fisik, mereka dapat berdampak besar pada kesejahteraan mental seseorang dan kualitas hidup mereka. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Bahaya Serangan Panik

Berikut ini beberapa enam bahaya utama yang terkait dengan mengalami serangan panik, antara lain:
 

1. Gangguan Kesehatan Mental

Sering mengalami serangan panik meningkatkan kemungkinan mengembangkan gangguan kecemasan, seperti GAD atau gangguan panik, yang dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang dan membutuhkan perawatan medis atau psikologis yang tepat.
 

2. Isolasi Sosial

Orang-orang yang sering mengalami serangan panik mungkin cenderung menghindari situasi atau tempat yang memicu serangan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan mereka merasa terisolasi dari orang lain, merasa terputus dari teman dan keluarga mereka, dan mengganggu mereka untuk melakukan tugas sehari-hari mereka
 

3. Gangguan Fisik

Serangan panik dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan dengan melepaskan hormon stres seperti adrenalin. Serangan panik berulang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau gangguan pernapasan.
 

4. Gangguan Tidur

Bahkan dalam tidur, serangan panik sering terjadi secara tiba-tiba. Ini dapat mengganggu pola tidur alami dan menyebabkan gangguan tidur, termasuk insomnia. Gangguan tidur yang kronis dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya.
 

5. Keterbatasan Aktivitas

Ketakutan akan serangan panik dapat membatasi aktivitas sehari-hari seseorang, seperti bepergian ke tempat umum, mengendarai kendaraan, atau berpartisipasi dalam acara sosial. Hal ini dapat mengganggu kualitas hidup seseorang dan menghambat mereka untuk mencapai tujuan hidup mereka.
 

6. Kecelakaan atau Cedera

Serangan panik yang parah dapat menyebabkan kemampuan untuk berkonsentrasi atau reaksi yang lambat, meningkatkan risiko kecelakaan atau cedera. Ini terutama berlaku saat mengemudi atau bekerja dengan mesin.



Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/panic-attack

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4451-panic-attack-panic-disorder

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK430973/

 

YesDok Ads