6 BAHAYA LANGSUNG TIDUR SETELAH MAKAN BAGI TUBUH

February 13, 2024 | Dea

tidur setelah makan, setelah makan langsung tidur, bahaya tidur setelah makan, efek tidur setelah makan, apakah boleh setelah makan langsung tidur, kenapa tidak boleh tidur setelah makan, yesdok

Sobat Yesdok, mungkin menyenangkan untuk tidur segera setelah makan, terutama setelah makan malam yang berat, tetapi kebiasaan ini dapat merugikan kesehatan anda. Ada beberapa bahaya langsung yang dapat terjadi jika anda tidur segera setelah makan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

6 Bahaya Tidur Setelah Makan

Berikut adalah beberapa alasan sebaiknya anda menunggu sebelum beristirahat setelah makan, antara lain:
 

1. Gangguan Pencernaan

Pencernaan jadi memburuk jika anda langsung tidur setelah makan, terutama jika makan yang banyak. Gravitasi tidak lagi membantu makanan bergerak ke bawah usus saat berbaring. Hal ini mungkin menyebabkan mulas, rasa tidak nyaman, atau bahkan refluks asam.
 

2. Kenaikan Berat Badan

Anda dapat meningkatkan berat badan jika tidur setelah makan karena tubuh tidak dapat membakar kalori setelah makan jika anda langsung tidur. Akibatnya, kalori yang tidak terbakar disimpan sebagai lemak, yang dapat menyebabkan anda menambah berat badan secara bertahap.
 

3. Gangguan Tidur

Jika tidur segera setelah makan, anda dapat mengalami penurunan kualitas tidur karena proses pencernaan yang sedang berlangsung, yang dapat menyebabkan perut anda merasa penuh dan tidak nyaman, dan sulit untuk tidur dengan nyenyak. Selain itu, gangguan tidur ini dapat menyebabkan anda lelah dan kekurangan energi di pagi hari.
 

4. Resiko Penyakit Jantung

Studi menunjukkan bahwa tidur segera setelah makan meningkatkan risiko penyakit jantung. Tidur dengan perut penuh dapat meningkatkan tekanan pada jantung dan meningkatkan glukosa darah, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.
 

5. Masalah Pencernaan Jangka Panjang

Dalam jangka panjang, kebiasaan tidur segera setelah makan secara teratur dapat menyebabkan masalah pencernaan. Pencernaan yang tidak efisien dapat menyebabkan sembelit, sindrom iritasi usus, atau masalah pencernaan lainnya.
 

6. Gangguan Metabolisme

Selain itu, tidur segera setelah makan dapat mengganggu metabolisme karena pencernaan yang terganggu. Ini dapat mengganggu keseimbangan gula darah dan menyebabkan masalah metabolik jangka panjang.

Mengingat risiko tidur segera setelah makan, sangat disarankan untuk menunggu dua hingga tiga jam setelah makan sebelum tidur. Ini memberi tubuh anda waktu yang cukup untuk mencerna makanan dan mencegah efek samping negatif.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://pharmeasy.in/blog/how-long-should-you-wait-before-going-to-bed-after-dinner/

https://www.verywellhealth.com/is-it-bad-to-sleep-right-after-eating-8419928

https://www.sleepfoundation.org/nutrition/is-it-bad-to-eat-before-bed

YesDok Ads