6 BAHAYA BERTEMAN DENGAN SOFT SPOKEN MANIPULATOR

March 28, 2024 | Dea

soft spoken artinya, soft spoken, soft spoken meaning, soft spoken person, what is soft spoken, manipulator adalah, manipulation artinya, ciri ciri manipulator, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda terpikat oleh pesona seseorang yang berbicara ramah dan penuh kasih? namun, berhati-hatilah. Ada kemungkinan bahaya tersembunyi yang tersembunyi di balik keindahan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Bahaya Soft Spoken Manipulator

Berikut ini beberapa enam bahaya bermitra dengan seorang manipulator soft spoken yang dapat berdampak buruk pada kesejahteraan dan kebahagiaan, antara lain:
 

1. Kehilangan Diri Sendiri

Risiko kehilangan diri sendiri adalah salah satu bahaya utama bekerja dengan manipulator soft spoken. Mereka dapat memberikan perhatian yang berlebihan dan kata-kata manis untuk membuat anda merasa penting dan dihargai. Namun, seiring waktu, anda mungkin mulai kehilangan identitas sendiri karena terlalu terpaku pada kebutuhan dan keinginan mereka.
 

2. Penipuan Emosional

Dengan menggunakan kata-kata yang lembut dan perhatian yang berlebihan, manipulator yang berbicara dengan lembut sering memanipulasi emosi. Mereka mungkin membuat anda merasa bersalah atau ragu-ragu. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan, rendah diri, dan ketidakpercayaan diri.
 

3. Ketergantungan Emosional

Karena mereka cenderung memberikan perhatian dan dukungan yang berlebihan, anda mungkin menjadi tergantung pada mereka untuk kebahagiaan dan kesejahteraan. Hal ini dapat menyebabkan ketergantungan emosional yang tidak sehat, di mana anda merasa sulit untuk berfungsi tanpa kehadiran atau persetujuan mereka.
 

4. Pemborosan Energi

Anda mungkin merasa lelah secara emosional dan mental saat berurusan dengan manipulator yang berbicara dengan bahasa yang halus. Membutuhkan banyak usaha dan pikiran untuk memahami motivasi mereka dan melindungi diri dari manipulasi mereka. Ini dapat membuat anda kehilangan fokus pada hal-hal yang paling penting dalam hidup.
 

5. Pengabaian Terhadap Kesejahteraan

Saat anda terlalu terfokus untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manipulator, anda mungkin mengabaikan kesejahteraan dan kebahagiaan sendiri. Anda mungkin menempatkan kebutuhan mereka di atas kebutuhan anda sendiri, bahkan ketika itu merugikan anda.
 

6. Pertemanan yang Beracun

Terakhir, pertemanan yang tidak seimbang dan beracun dapat terjadi ketika anda bekerja dengan manipulator yang berbicara halus. Stres dan kecemasan dapat muncul dari hubungan yang seharusnya memberi dukungan dan kepuasan, yang dapat merusak kepercayaan diri dan mengganggu hubungan dengan orang lain yang peduli padamu.

Dengan mengetahui bahaya-bahaya ini, penting untuk menyadari tanda-tanda manipulasi untuk melindungi diri dari kerugian yang disebabkan oleh bekerja dengan manipulator yang berbicara halus. Tetap waspada terhadap perubahan perilaku dan emosi yang mungkin terjadi, dan jangan ragu untuk meminta dukungan dari orang-orang yang peduli dan dapat anda andalkan.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.choosingtherapy.com/male-narcissist/

https://www.webmd.com/mental-health/signs-manipulation

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/communication-success/201510/14-signs-psychological-and-emotional-manipulation

 

YesDok Ads