6 ALASAN WANITA SULIT KURUS, KENALI FAKTORNYA YUK!

March 19, 2024 | Dea

penyebab berat badan naik, penyebab berat badan susah turun, penyebab badan terasa berat, penyebab gemuk, penyebab badan gemuk, faktor penyebab kegemukan, penyebab gemuk setelah menikah, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun upaya penurunan berat badan sama dengan yang dilakukan oleh pria, ada beberapa faktor yang membuat penurunan berat badan lebih sulit bagi wanita. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Penyebab Sulit Kurus

Berikut ini adalah enam alasan mengapa wanita sulit menurunkan berat badan beserta penjelasannya, antara lain:

 

1. Perbedaan Metabolisme

Karena perbedaan dalam komposisi tubuh, hormon, dan ukuran tubuh, wanita memiliki metabolisme yang lebih lambat daripada pria. Metabolisme yang lebih lambat membuat mereka lebih rentan terhadap penumpukan lemak, yang membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit.
 

2. Pengaruh Hormon

Selama siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause, hormon wanita, terutama estrogen dan progesteron, memiliki peran penting dalam metabolisme, pengaturan nafsu makan, dan penumpukan lemak. Perubahan dalam hormon ini dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk membakar lemak, yang membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit.
 

3. Stigma Sosial

Wanita sering ditekan oleh standar sosial yang tidak realistis tentang bagaimana harus terlihat cantik. Tekanan ini dapat menyebabkan kecemasan dan stres, yang berdampak pada kebiasaan makan dan aktivitas fisik. Selain itu, stigma sosial tentang penampilan dan berat badan sering kali membuat wanita merasa malu atau tidak percaya diri, yang dapat menghambat keinginan mereka untuk menurunkan berat badan.
 

4. Peran Sosial

Wanita biasanya memiliki tanggung jawab sosial yang lebih besar, seperti mengurus anak, mengurus rumah, atau bekerja dalam posisi yang membutuhkan waktu kerja yang lama. Wanita mungkin kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga dan memasak makanan sehat jika mereka memiliki waktu dan energi yang terbatas.
 

5. Respon Terhadap Diet

Studi menunjukkan bahwa tubuh wanita mungkin menanggapi diet dan program penurunan berat badan secara berbeda dibandingkan dengan tubuh pria. Ini karena variabel seperti jumlah kalori yang dibutuhkan dan komposisi nutrisi dapat berbeda antar gender, yang berarti metode penurunan berat badan tertentu mungkin tidak efektif untuk wanita.
 

6. Perbedaan Genetik

Gen juga memengaruhi kecenderungan seseorang untuk menurunkan berat badan, beberapa orang mungkin memiliki gen yang membuat mereka lebih rentan terhadap penimbunan lemak atau lebih sulit untuk membakar kalori.

Penting untuk diingat bahwa setiap tubuh adalah berbeda, meskipun wanita mungkin menghadapi masalah menurunkan berat badan yang berbeda. Wanita dapat menemukan strategi penurunan berat badan yang sesuai dengan kondisi tubuh mereka dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan berat badan.
 


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://womenshealth.obgyn.msu.edu/blog/why-it-harder-women-lose-weight

https://www.goodrx.com/conditions/weight-loss/is-it-harder-for-women

https://share.upmc.com/2018/07/harder-for-women-to-lose-weight/

 

YesDok Ads