5 TIPS PUASA AMAN BAGI IBU HAMIL

March 15, 2024 | Dea

tips puasa untuk ibu hamil, tips puasa untuk ibu hamil 9 bulan, tips ibu hamil kuat puasa, tips aman puasa bagi ibu hamil, tips ibu hamil berpuasa, tips puasa ramadhan untuk ibu hamil, tips puasa untuk ibu hamil muda, yesdok

Sobat Yesdok, jutaan orang muslim di seluruh dunia berpuasa selama bulan Ramadhan sebagai tindakan keagamaan. Keamanan puasa adalah pertanyaan yang sering muncul bagi sebagian ibu hamil. Namun, puasa dapat dilakukan secara aman selama kehamilan jika dipersiapkan dengan baik dan memperhatikan kesehatan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Tips Puasa Aman

Berikut ini adalah lima tips puasa aman bagi ibu hamil, antara lain:
 

1. Konsultasikan dengan Dokter Anda

Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum memutuskan untuk berpuasa selama kehamilan. Mereka dapat menilai kondisi kesehatan ibu hamil dan memberikan nasihat yang tepat. Untuk memastikan bahwa rencana puasa aman bagi ibu dan bayi, diskusikan secara terbuka dengan mereka tentang rencana puasa ibu hamil.
 

2. Pastikan Asupan Nutrisi yang Cukup

Sangat penting untuk tetap mendapatkan nutrisi yang cukup selama puasa untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan bayi. Saat sahur dan berbuka, pilih makanan yang seimbang dan bergizi, termasuk makanan yang tinggi serat, protein, vitamin, dan mineral. Jangan lupa untuk minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi.
 

3. Perhatikan Tanda-tanda Kehamilan yang Tidak Biasa

Tanda-tanda komplikasi kehamilan seperti pusing, pingsan, mual, dan muntah yang parah, serta penurunan gerakan janin harus diwaspadai oleh ibu hamil yang berpuasa. 
 

4. Pertimbangkan Untuk Tidak Berpuasa Penuh

Jika dokter mengatakan bahwa puasa penuh tidak aman bagi bumil, pertimbangkan untuk tidak berpuasa penuh. Anda masih dapat berbuka lebih awal, menunda sahur, atau bahkan mengganti hari-hari yang terlewat setelah melahirkan.
 

5. Istirahat yang Cukup

Selama bulan Ramadhan, berikan prioritas pada istirahat yang cukup untuk ibu dan bayi. Jika ibu merasa lelah atau lesu, jangan ragu untuk beristirahat dan tidur lebih banyak. Juga, jangan terlalu banyak bergerak dan tetap tidur pada jadwal yang teratur.
 

Selama kehamilan, puasa dapat menjadi pengalaman spiritual yang berharga, tetapi kesehatan ibu dan bayi harus menjadi prioritas utama. Dengan mengikuti saran dokter dan memperhatikan nasihat ini, ibu dapat menjalani puasa dengan aman dan tanpa mengganggu kesehatan kehamilan. 

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://healthwire.pk/healthcare/tips-for-fasting-in-pregnancy-without-harming-your-health/

https://www.tommys.org/pregnancy-information/im-pregnant/nutrition-in-pregnancy/fasting-pregnancy

https://www.pregnancybirthbaby.org.au/religious-fasting-pregnancy-and-breastfeeding

 

YesDok Ads