Seksualitas
Dewasa
+1

5 TIPS AMAN ORAL SEKS

April 19, 2024 | Dea

cara oral seks, cara seks oral, cara agar seks oral nyaman, cara aman oral seks, oral seks, posisi seks oral, amankah oral seks, teknik oral seks, yesdok

Sobat Yesdok, banyak orang menganggap oral seks sebagai bagian penting dari kehidupan seksual mereka. Namun, seperti halnya dengan aktivitas seksual lainnya, menjaga keselamatan dan kesehatan yang harus menjadi prioritas utama.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

 

Tips Oral Seks

Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk melakukan oral seks dengan aman, antara lain:
 

1. Komunikasi Terbuka

Sangat penting untuk melakukan oral seks yang aman dengan pasangan anda. Diskusikan preferensi, masalah, dan riwayat kesehatan seksual setiap orang. Penggunaan penghalang seperti kondom atau pelumas dapat membantu mengurangi risiko PMS.
 

2. Gunakan Pelindung

Penggunaan pelindung, seperti kondom, pada penis atau dam (pelindung berbentuk persegi panjang) pada vagina atau anus selama oral seks dapat mengurangi risiko penularan PMS. Namun, berhati-hatilah untuk menggunakan kondom yang mengandung nonoxynol-9. Bahan-bahan ini dapat meningkatkan risiko iritasi mulut atau tenggorokan.
 

3. Hindari Kontak dengan Luka Terbuka

Hindari melakukan oral seks jika pasangan anda memiliki luka terbuka di mulut, bibir, atau area genital. Kontak dengan luka terbuka meningkatkan risiko penularan infeksi, termasuk virus herpes atau HIV.
 

4. Praktik Kebersihan yang Baik

Praktik kebersihan yang tepat sangat penting saat melakukan oral seks. Pastikan anda membersihkan mulut dan area genital sebelum dan sesudah berhubungan seksual (namun jangan menyikat gigi sekuat-kuatnya). Mencegah penularan infeksi dengan mudah adalah mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudahnya.
 

5. Perhatikan Kesehatan Seksual

Bagi mereka yang aktif secara seksual, vaksinasi seperti HPV dan pemeriksaan rutin untuk PMS seperti HIV, klamidia, dan gonore sangat penting. Melakukan pemeriksaan kesehatan seksual rutin juga dapat membantu mengurangi risiko penularan PMS.

Meskipun oral seks adalah bagian alami dari kehidupan seksual bagi banyak orang, keselamatan selalu menjadi prioritas utama. Dengan komunikasi terbuka, penggunaan pelindung yang tepat, praktik kebersihan yang baik, dan perhatian terhadap kesehatan seksual, kita dapat menikmati oral seks dengan aman dan tanpa khawatir akan bahaya bagi kesehatan kita.




 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/Oral-sex

https://shcc.ufl.edu/services/primary-care/sexual-health/oral-sex/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2840968/

YesDok Ads