5 TIPS AGAR BAB LANCAR SAAT BERPUASA

March 28, 2024 | Dea

tips bab lancar, tips lancar bab, tips melancarkan bab, tips agar bab lancar saat puasa, tips agar bab lancar setiap hari, tips agar bulan puasa bab tetap lancar, tips bab lancar pada saat puasa, yesdok

Sobat Yesdok, menjaga kesehatan pencernaan saat berpuasa sangat penting. Buang air besar yang lancar adalah tanda kesehatan pencernaan yang baik. Namun, pola makan yang berubah saat berpuasa dan penurunan asupan cairan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Tips BAB Lancar

Untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan anda selama bulan puasa, berikut adalah lima tips agar buang air besar tetap lancar:

 

1. Konsumsi Serat yang Cukup

Makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran, sereal, dan biji-bijian, selama sahur dan berbuka puasa, dapat melonggarkan feses dan mencegah sembelit. Jadi, pastikan untuk memasukkan berbagai makanan yang kaya serat dalam diet harian.
 

2. Minum Air Secukupnya

Sembelit dapat terjadi jika anda kehilangan cairan selama puasa. Pastikan anda minum jumlah air yang cukup saat sahur dan berbuka puasa untuk menghindari dehidrasi dan menjaga usus terhidrasi. Hindari minuman berkafein atau beralkohol karena dapat menyebabkan kehilangan lebih banyak air dalam tubuh anda.
 

3. Bergerak dan Berolahraga

Dengan berolahraga, anda dapat menggerakkan usus dan membantu memperlancar pencernaan. Meskipun energi terbatas selama berpuasa, cobalah untuk melakukan latihan ringan seperti berjalan atau stretching setelah makan sahur atau berbuka puasa. 
 

4. Makan dalam Porsi Kecil

Mengonsumsi makanan dalam porsi besar saat sahur atau berbuka puasa dapat menyebabkan sembelit. Untuk membantu pencernaan dan mencegah penumpukan makanan di usus, cobalah untuk makan dalam porsi kecil dan teratur sepanjang hari.
 

5. Tambahkan Probiotik ke Diet

Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt, kefir, atau kimchi, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Probiotik menjaga keseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.benenden.co.uk/be-healthy/body/5-ways-to-keep-regular-bowel-movements/

https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/ramadan/fasting-and-digestive-disorders

https://oceanfamilygastro.com/avoid-constipation-when-fasting/

 

YesDok Ads