5 TANDA JANIN SUDAH MASUK PANGGUL

March 08, 2024 | Dea

ciri janin sudah masuk panggul, tanda janin sudah masuk panggul, janin sudah masuk panggul tapi masih aktif bergerak, gerakan janin sudah masuk panggul, kepala janin sudah masuk panggul, ciri kepala janin sudah masuk panggul, yesdok

Sobat Yesdok, saat janin sudah berada dalam panggul ibu adalah langkah penting dalam persiapan kelahiran janin. Calon ibu dapat mempersiapkan diri untuk persalinan dengan mengetahui tanda-tanda bahwa janin sudah masuk panggul. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Tanda Janin Masuk Panggul

Berikut adalah lima tanda yang menunjukkan bahwa janin sudah masuk panggul, antara lain:
 

1. Perubahan Bentuk Perut

Perubahan bentuk perut ibu adalah salah satu tanda yang paling jelas bahwa janin sudah masuk ke panggul. Ketika janin mulai turun lebih dalam ke panggul, perut Anda mungkin menjadi lebih rendah atau memiliki bentuk yang berbeda. Ini bisa menunjukkan bahwa janin sudah siap untuk melahirkan.
 

2. Tekanan Lebih Besar di Panggul dan Pinggul

Saat janin turun ke panggul, mungkin merasakan tekanan yang lebih besar pada pinggul dan panggul. Saat duduk atau berjalan, ini mungkin membuat anda lebih nyaman, tetapi anda juga mungkin merasa tidak nyaman karena tekanan yang lebih besar pada area panggul.
 

3. Nafas Lebih Lega

Anda mungkin mengalami perubahan dalam cara aanda bernapas setelah janin masuk ke panggul. Beberapa wanita mengatakan bahwa karena tekanan pada diafragma berkurang saat janin turun ke panggul, mereka merasa lebih nyaman saat bernapas.
 

4. Sensasi "Jalan"

Beberapa wanita mungkin mengalami sensasi yang mirip dengan "jalan" ketika janin turun ke panggulnya. Sensasi ini mungkin berupa sensasi tertarik atau tertarik di panggul atau vagina, atau bahkan mungkin terasa seperti guncangan kecil ketika janin bergerak di dalam panggulnya.
 

5. Perubahan dalam Kebutuhan Buang Air Kecil

Ketika janin turun lebih dalam ke panggul, anda mungkin juga mengalami perubahan dalam kebutuhan untuk buang air kecil. Anda mungkin merasa perlu buang air kecil lebih sering atau merasa sulit untuk menahan buang air kecil karena tekanan yang lebih besar pada kandung kemih.

 

Calon ibu dapat lebih siap secara fisik dan mental untuk persalinan saat mengetahui tanda-tanda bahwa janin sudah masuk ke panggul. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.babycenter.com/pregnancy/your-baby/when-is-my-baby-likely-to-drop_1460217

https://www.healthline.com/health/pregnancy/baby-engaged

https://www.verywellhealth.com/engaged-position-5185179

 

YesDok Ads