5 RISIKO JARANG MANDI BAGI TUBUH

April 01, 2024 | Dea

akibat jarang mandi, jarang mandi, efek jarang mandi, jarang mandi menyebabkan, orang jarang mandi, artis jarang mandi, bahaya jarang mandi, dampak jarang mandi, yesdok

Sobat Yesdok, mandi adalah tindakan rutin yang penting untuk menjaga tubuh dan kulit bersih, tetapi beberapa orang jarang mandi karena berbagai alasan, seperti kekurangan air atau pilihan pribadi. Meskipun jarang mandi tampaknya bukan masalah sepele bagi sebagian orang, kebiasaan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mereka. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Risiko Jarang Mandi

Berikut adalah lima risiko yang mungkin terjadi akibat jarang mandi, antara lain:
 

1. Kehilangan Kelembaban Kulit

Jika tidak mandi secara teratur, anda dapat mengurangi kelembaban alami kulit dan membuatnya kering dan pecah-pecah, meningkatkan risiko iritasi dan infeksi.
 

2. Penumpukan Bakteri dan Kuman

Tubuh manusia menghasilkan keringat dan minyak yang dapat menarik kuman dan bakteri. Dengan mandi secara teratur, bakteri dan kuman tersebut dibersihkan dari kulit. Tanpa mandi secara teratur, bakteri dan kuman dapat menumpuk dan menyebabkan infeksi kulit atau masalah kesehatan lainnya.
 

3. Bau Badan yang Tidak Sedap

Disebabkan oleh pertumbuhan bakteri pada kulit yang tidak dibersihkan secara teratur, keringat yang menumpuk pada tubuh dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap.
 

4. Risiko Infeksi Kulit

Infeksi, seperti infeksi jamur atau bakteri, lebih mungkin terjadi pada kulit yang kotor dan tidak dimandikan secara teratur. Infeksi ini dapat menyebabkan gejala seperti ruam, gatal-gatal dan bahkan dapat memerlukan perawatan medis.
 

5. Penyumbatan Pori-pori Kulit

Mandi secara teratur membersihkan kotoran dan minyak dari pori-pori kulit. Jika tidak mandi cukup sering, pori-pori dapat tersumbat yang dapat menyebabkan komedo dan jerawat.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa mandi terlalu sering juga dapat merusak kulit karena menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit. Sebagian besar orang hanya perlu mandi setiap hari atau setiap dua hari, tergantung pada seberapa banyak aktivitas fisik mereka dan bagaimana lingkungan mereka.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.simplythebasics.org/blog/2022/6/3/what-happens-to-your-skin-if-you-cannot-access-showers-or-soap

https://www.npr.org/sections/health-shots/2020/09/26/917019912/in-the-era-of-hygiene-clean-author-makes-the-case-for-showering-less

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-shower

 

YesDok Ads