5 PENYEBAB WANITA TIDAK BISA LAHIRAN NORMAL

April 24, 2024 | Dea

lahir cesar, persiapan melahirkan cesar, lahiran cesar, melahirkan cesar, efek melahirkan cesar, melahirkan operasi cesar, ibu melahirkan cesar, kelahiran cesar, yesdok

Sobat Yesdok, melahirkan dengan operasi caesar, juga dikenal sebagai operasi C-section, adalah prosedur bedah di mana bayi dilahirkan melalui sayatan di rahim dan perut ibu. Ada beberapa alasan mengapa seorang ibu mungkin perlu menjalani operasi caesar. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Harus Caesar

Berikut adalah lima penyebab utama dan penjelasannya, antara lain:
 

1. Posisi Janin yang Tidak Tepat

Persalinan vagina sangat berbahaya bagi janin yang berada dalam posisi sungsang (dengan kaki atau bokong ke bawah) atau melintang. Operasi caesar dianggap lebih aman bagi ibu dan bayi dalam situasi seperti ini.
 

2. Masalah Plasenta

Untuk mencegah komplikasi berbahaya, plasenta previa, kondisi di mana plasenta menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir, dapat menyebabkan perdarahan yang berbahaya selama persalinan normal.
 

3. Masalah Kesehatan Ibu

Operasi caesar mungkin diperlukan untuk ibu dan bayi yang menderita kondisi kesehatan tertentu, seperti preeklamsia, hipertensi, diabetes gestasional, atau penyakit kronis lainnya.
 

4. Ukuran Janin yang Besar

Persalinan normal dapat sangat sulit atau berbahaya jika bayi terlalu besar untuk melewati jalan lahir, yang disebut makrosomia. Salah satu opsi untuk mengurangi risiko cedera bagi ibu dan bayi adalah operasi caesar.
 

5. Riwayat Operasi Caesar Sebelumnya

Ibu yang pernah menjalani operasi caesar mungkin mengalami risiko komplikasi seperti jaringan parut atau masalah lain yang meningkatkan kemungkinan persalinan yang tidak lancar. Akibatnya, mereka mungkin perlu menjalani operasi caesar lagi.

Melahirkan melalui operasi caesar dapat menjadi pilihan persalinan yang aman, tetapi penting untuk memahami alasan mengapa melakukannya dan untuk memilih metode persalinan yang terbaik untuk ibu dan janin.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/pregnancy/c-section-reasons

https://bmcpregnancychildbirth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12884-018-1871-5

https://my.clevelandclinic.org/health/articles/23097-vaginal-delivery

YesDok Ads