5 PENYEBAB RINGWORM PADA KULIT

February 15, 2024 | Dea

Ringworm, ringworm kucing, ringworm adalah, ringworm pada manusia, ringworm pada kucing, ringworm on skin, ringworm kucing pada manusia, penyebab ringworm, yesdok

Sobat Yesdok, Ringworm meskipun namanya menyerupai infeksi cacing, sebenarnya adalah infeksi jamur pada kulit yang umum terjadi. Infeksi ini dapat menimbulkan rasa gatal dan ruam yang tidak nyaman pada kulit. Untuk membantu anda memahami penyebab ringworm. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Penyebab Ujung Rambut Bercabang

Berikut adalah lima faktor utama yang dapat menyebabkan munculnya Ringworm pada kulit manusia, antara lain:
 

1. Jamur Dermatofita

Jamur dermatofita, yang dapat hidup di permukaan kulit, rambut, dan kuku, menyebabkan ringworm. Jamur ini dapat menyebar melalui kontak langsung dengan kulit atau melalui benda yang terkontaminasi dengan jamur, seperti pakaian, handuk, atau perlengkapan mandi.
 

2. Kontak Kulit dengan Orang atau Hewan yang Terinfeksi

Penyebab utama penularan ringworm adalah kontak langsung dengan kulit orang atau hewan yang terinfeksi jamur dermatofita. Hewan peliharaan seperti anjing, kucing, sapi, dan lainnya dapat membawa jamur ini. Selain itu, berbagi pakaian, handuk, atau perlengkapan mandi dengan individu yang terinfeksi juga dapat menyebabkan infeksi.
 

3. Lingkungan yang Hangat dan Lembab

Kondisi seperti kelembaban tinggi, berkeringat, dan memakai pakaian yang ketat dapat meningkatkan risiko terkena ringworm karena jamur dermatofita menyukai lingkungan yang hangat dan lembab. Pemakaian pakaian basah atau berada di tempat umum seperti kolam renang, sauna, atau ruang ganti juga dapat meningkatkan risiko infeksi.
 

4. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Infeksi ringworm lebih sering terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pada orang dengan diabetes, HIV/AIDS, atau yang sedang menjalani terapi imunosupresan. Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi jamur dan membuatnya lebih sulit untuk melawan pertumbuhannya.
 

5. Faktor Predisposisi Genetik

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik yang menyebabkan mereka lebih rentan terhadap infeksi jamur, termasuk ringworm. Faktor genetik ini dapat memengaruhi seberapa baik pertahanan tubuh melawan infeksi jamur dan seberapa baik mereka menanggapi pengobatan.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ringworm-body/symptoms-causes/syc-20353780

https://www.cdc.gov/fungal/diseases/ringworm/definition.html

https://www.aad.org/public/diseases/a-z/ringworm-causes

YesDok Ads