5 PENYEBAB NGANTUK SETELAH MAKAN

January 31, 2024 | Dea

kenapa selesai makan ngantuk, selesai makan ngantuk, apa penyebab ngantuk saat selesai makan, ngantuk selesai makan, penyebab selesai makan ngantuk, selesai makan terasa ngantuk, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun makanan seharusnya memberi energi, ada beberapa hal yang dapat membuat kita mengantuk setelah makan. Berikut adalah lima penyebab umum mengapa orang merasa ngantuk setelah makan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Penyebab Rasa Kantuk Usai Makan

Berikut ini beberapa penyebab seseorang menjadi ngantuk usai makan, antara lain:
 

1. Peningkatan Aktivitas Sistem Saraf Parasimpatik

Makanan dapat merangsang sistem saraf parasimpatik, yang dikenal sebagai mode pencernaan dan istirahat. Mengaktifkan sistem ini dapat menyebabkan tingkat energi menurun dan tubuh menjadi lebih siap untuk istirahat.
 

2. Asupan Karbohidrat Berlebihan

Konsumsi karbohidrat tinggi, terutama gula sederhana dan tepung putih, dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, yang dapat membuat anda mengantuk karena tubuh menanggapi perubahan gula darah dengan melepaskan hormon yang membantu merasa lebih santai.
 

3. Porsi Makan yang Besar

Jika makan banyak, pencernaan akan bekerja lebih keras untuk meredistribusikan aliran darah, yang pada gilirannya akan mengurangi aliran darah ke otak, yang pada gilirannya dapat menyebabkan anda mengantuk.
 

4. Tryptophan dalam Makanan

Tryptophan, asam amino yang ditemukan dalam beberapa makanan, seperti daging, unggas, dan produk susu, memiliki kemampuan untuk merangsang produksi neurotransmitter melatonin dan serotonin, yang masing-masing berhubungan dengan rasa tidur dan kenyamanan.
 

5. Efek Makanan Bersuhu Dingin

Makanan atau minuman yang dingin, seperti es krim atau minuman dingin, dapat menenangkan pencernaan dan menurunkan hormon yang menyebabkan mengantuk.


 

Cara Mengatasi Kantuk Setelah Makan

Berikut ini beberapa cara mengatasi kantuk sehabis makan, antara lain:
 

  • Untuk menghindari lonjakan dan penurunan gula darah yang signifikan, pilih makanan dengan indeks glikemik rendah.
     
  • Makan sering tetapi dalam porsi kecil daripada makan dalam porsi yang terlalu besar.
     
  • Pilih makanan yang mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang seimbang.
     
  • Untuk meningkatkan sirkulasi dan energi, lakukan olahraga ringan setelah makan.
     
  • Untuk menghindari dehidrasi, yang dapat menyebabkan kelelahan, pastikan anda mengonsumsi jumlah cairan yang cukup.


 

Meskipun mengantuk setelah makan adalah respons fisiologis alami, jika anda merasa terlalu sering mengalami kantuk setelah makan atau jika ini mengganggu aktivitas sehari-hari, Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.sleepfoundation.org/nutrition/why-do-i-get-sleepy-after-eating

https://www.verywellhealth.com/why-am-i-sleepy-after-eating-lunch-3014827

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323379

YesDok Ads