5 PENYEBAB NANGIS DARAH, BAHAYAKAH?

February 07, 2024 | Dea

Penyebab air mata darah, penyebab nangis darah, crying blood, cried blood, is crying blood dangerous, faktor nangis darah, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun nangis darah adalah kondisi yang jarang terjadi, itu bisa sangat mengkhawatirkan. Ini karena darah yang keluar dari mata adalah sesuatu yang tidak lazim dan dapat menimbulkan pertanyaan tentang kondisi kesehatan dasar pasien.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Penyebab Air Mata Darah

Berikut ini beberapa penyebab keluarnya Air Mata Darah pada seseorang, antara lain:
 

1. Cedera atau Trauma pada Mata

Cedera atau trauma pada mata adalah salah satu penyebab paling umum nangis darah. Benturan atau tekanan yang kuat pada mata dapat merusak pembuluh darah di sekitarnya, menyebabkan perdarahan yang menghasilkan air mata berdarah. Meskipun menakutkan, cedera ini biasanya tidak serius dan akan sembuh sendiri.
 

2. Infeksi Mata

Infeksi pada mata, seperti infeksi bakteri atau konjungtivitis (mata merah), dapat menyebabkan peradangan dan perdarahan di mata. Gejala seperti mata merah, gatal, dan lendir berwarna darah yang keluar dari mata biasanya memerlukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi infeksi dan mencegah perdarahan.
 

3. Gangguan Pembuluh Darah

Beberapa gangguan pembuluh darah, seperti aneurisma atau pembuluh darah yang rapuh, dapat menyebabkan perdarahan di berbagai bagian tubuh, termasuk mata. Air mata berdarah dapat terjadi ketika pembuluh darah di sekitar mata pecah. Ini adalah kondisi yang sangat serius dan membutuhkan tindakan medis yang segera dilakukan.
 

4. Penyakit Mata Serius

Menangis darah juga dapat disebabkan oleh penyakit mata yang serius, seperti glaukoma atau degenerasi makula. Beberapa kondisi ini, meskipun jarang, dapat menyebabkan perdarahan di dalam mata yang kemudian mengalir keluar melalui air mata. Untuk menghindari komplikasi, pengobatan dini dan pemantauan teratur oleh dokter mata sangat penting.
 

5. Kondisi Medis Sistemik

Salah satu gejala beberapa kondisi medis sistemik, seperti leukemia atau penyakit autoimun, adalah perdarahan di mata. Untuk mengelola kondisi medis yang mendasarinya, penting untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai dari dokter.

Menangis darah bisa sangat menakutkan, tetapi biasanya penyebabnya tidak berbahaya dan dapat diobati. Namun, penting untuk diingat bahwa dalam beberapa situasi, nangis darah bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang serius. 


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK539774/

https://myvision.org/education/can-you-cry-blood/

https://www.verywellhealth.com/why-do-i-have-bloody-tears-4140688

YesDok Ads