5 PENYEBAB LEHER KAKU, WASPADAI YUK

February 27, 2024 | Dea

leher kaku, leher kaku kepala pusing, cara mengatasi leher kaku, leher kaku kenapa, leher kaku kepala pusing gejala apa, penyebab kaku leher, penyebab leher tegang dan kaku, yesdok

Sobat Yesdok, leher kaku adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup seseorang. Kondisi ini seringkali disertai dengan ketidaknyamanan dan pembatasan gerakan leher. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Penyebab Leher Kaku

Berikut adalah lima faktor utama yang dapat menyebabkan leher menjadi kaku, antara lain:
 

1. Cedera Otot atau Ligamen

Kaku leher dapat terjadi karena cedera otot atau ligamen leher. Ini dapat terjadi karena gerakan yang tiba-tiba atau tidak biasa, seperti saat tidur dalam posisi yang salah atau mengangkat beban yang terlalu berat.
 

2. Ketegangan Otot

Faktor-faktor seperti stres, kelelahan, postur yang buruk, atau kelelahan fisik yang berlebihan dapat menyebabkan ketegangan dan nyeri pada otot leher.
 

3. Radang Sendi

Radang sendi di leher, seperti arthritis atau osteoarthritis, dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada sendi leher. Ini dapat menyebabkan rasa kaku dan nyeri yang membatasi gerakan leher.
 

4. Cedera Tulang Belakang

Cedera pada tulang belakang leher, seperti cedera hernia diskus atau cedera akibat kecelakaan, juga dapat menyebabkan leher kaku. Cedera ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan dan mengganggu struktur tulang belakang.
 

5. Penyakit Medis Lainnya

Gejala leher kaku juga dapat berasal dari beberapa kondisi medis, seperti infeksi tenggorokan atau meningitis. Selain itu, ketegangan otot leher juga dapat berasal dari kondisi medis seperti fibromyalgia atau sindrom myofascial pain.

 

Pengobatan dapat termasuk latihan fisik, penggunaan obat pereda nyeri, dan teknik relaksasi untuk meredakan ketegangan otot. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/neck-pain/symptoms-causes/syc-20375581

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/24477-stiff-neck

https://www.healthline.com/health/neck-pain

 

YesDok Ads