5 PENYEBAB KAKI LEMAS MENDADAK

February 28, 2024 | Dea

kaki lemas, penyebab kaki lemas, kaki lemas gejala apa, kaki lemas tidak bisa berdiri, penyebab kaki terasa lemas tak bertenaga, kenapa kaki tiba tiba lemas, bangun tidur kaki lemas, yesdok

Sobat Yesdok, kaki lemas mendadak adalah kondisi yang dapat mempengaruhi mobilitas dan kualitas hidup seseorang secara signifikan. Ini dapat muncul tanpa peringatan sebelumnya dan dapat disebabkan oleh banyak faktor. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Sebab Kaki Mendadak Lemas

Berikut adalah lima penyebab umum kaki lemas mendadak yang perlu anda ketahui, antara lain:
 

1. Cedera Otot atau Cedera Saraf

Kelemahan atau kehilangan kekuatan pada kaki dapat disebabkan oleh cedera otot atau saraf pada kaki. Cedera ini dapat berasal dari trauma, aktivitas fisik yang berlebihan, atau kondisi medis seperti saraf terjepit atau radang saraf.
 

2. Gangguan Tulang Belakang

Tekanan pada saraf tulang belakang yang mengontrol gerakan dan sensasi pada kaki dapat menyebabkan kelemahan atau kehilangan kekuatan pada kaki karena gangguan pada tulang belakang, seperti herniasi disk atau stenosis spinal.
 

3. Penyakit Neurologis

Fungsi saraf dan otot dalam tubuh, termasuk pada kaki, dapat terganggu oleh penyakit neurologis seperti stroke, neuropati perifer, atau multiple sclerosis. Ini dapat menyebabkan kelemahan atau kehilangan kendali pada kaki.
 

4. Gangguan Sirkulasi

Jika ada masalah sirkulasi, seperti penyakit arteri perifer atau penyumbatan pembuluh darah, aliran darah ke kaki menjadi lebih sedikit, yang dapat menyebabkan kaki terasa lemah atau lemah.
 

5. Kondisi Medis yang Mendasari

Kelemahan atau lemas pada kaki adalah salah satu gejala atau komplikasi dari beberapa kondisi medis yang mendasari, seperti diabetes, penyakit jantung, atau gangguan hormonal.


 

Gejala yang Perlu Diwaspadai:

 

  • kesulitan berdiri atau berjalan
     
  • Kehilangan keseimbangan atau kemampuan untuk berkomunikasi
     
  • Sensasi kesemutan atau mati rasa pada kaki
     
  • Ketidakmampuan untuk mengangkat atau menggerakkan kaki
     
  • Nyeri atau kebas yang tidak wajar


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/weakness-in-legs

https://www.verywellhealth.com/causes-of-leg-weakness-4122329

https://www.medicalnewstoday.com/articles/weakness-in-legs

 

YesDok Ads