5 MANFAAT WIJEN BAGI TUBUH

March 04, 2024 | Dea

manfaat wijen, manfaat minyak wijen, manfaat biji wijen, manfaat minyak wijen untuk masakan, manfaat minyak wijen untuk kesehatan, manfaat wijen untuk kesuburan, manfaat wijen untuk kesehatan, yesdok

Sobat Yesdok, Wijen juga dikenal sebagai biji wijen adalah bahan utama dalam berbagai kue dan masakan di seluruh dunia karena rasanya yang unik dan teksturnya yang renyah. Selain itu, wijen memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

5 Manfaat Wijen Bagi Tubuh

Berikut adalah lima manfaat wijen bagi tubuh, antara lain:
 

1. Kaya akan Nutrisi

Dengan mengonsumsi wijen setiap hari, anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Wijen mengandung banyak nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, zinc, vitamin B6, dan vitamin E.
 

2. Menyehatkan Jantung

Konsumsi wijen secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan asam lemak tak jenuh dalam wijen, terutama asam lemak omega-6 dan omega-9. Konsumsi wijen secara teratur juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.
 

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Jumlah tinggi kalsium dan fosfor yang terkandung dalam wijen sangat penting untuk kesehatan tulang. Kalsium memperkuat tulang dan gigi, dan fosfor menjaga struktur jaringan dan tulang.
 

4. Mendukung Fungsi Otak

Wijen mengandung magnesium dan vitamin B6 yang dapat membantu menjaga fungsi otak yang sehat. Magnesium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan transmisi saraf, dan vitamin B6 menghasilkan neurotransmitter, yang penting untuk fungsi kognitif.
 

5. Menyediakan Antioksidan

Konsumsi wijen dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis karena mengandung senyawa antioksidan seperti sesamolin dan sesaminol, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan meredakan peradangan dalam tubuh.

Anda dapat mendapatkan banyak manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh anda dengan mengonsumsi wijen secara teratur. Namun, karena kandungan kalorinya yang tinggi, Anda harus mengonsumsinya dengan bijak dan dalam jumlah yang seimbang. Untuk memaksimalkan manfaatnya, jangan ragu untuk menambahkan wijen ke dalam makanan sehari-hari.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/sesame-seeds

https://www.webmd.com/diet/health-benefits-sesame-seeds

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9573514/

 

YesDok Ads