5 MANFAAT SKIPPING (JUMPROPE) BAGI KESEHATAN

February 26, 2024 | Dea

manfaat olahraga skipping, manfaat skipping untuk tinggi badan, apa manfaat skipping, manfaat olahraga skipping bagi wanita, manfaat skipping untuk perut, manfaat skipping untuk pria, manfaat skipping adalah, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun skipping atau lompat tali adalah aktivitas yang sering dianggap sebagai permainan anak-anak, ternyata sangat baik untuk kesehatan orang dewasa. Skipping bukan hanya latihan kardiovaskular yang bagus, tetapi juga dapat membantu kesehatan secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

5 Manfaat Skipping

Berikut adalah 5 manfaat utama dari skipping, antara lain:

 

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Latihan skipping membantu jantung dan paru-paru dengan meningkatkan denyut jantung, aliran darah, dan kapasitas paru-paru, yang semuanya membantu sistem kardiovaskular bekerja dengan baik.
 

2. Membakar Kalori dan Meningkatkan Metabolisme

Melompat tali selama tiga puluh menit dapat membakar sekitar 300-400 kalori, tergantung pada intensitas latihan, karena skipping adalah jenis latihan yang sangat keras yang dapat menghasilkan pembakaran kalori dengan cepat. Selain itu, latihan ini memiliki potensi untuk meningkatkan metabolisme basal, yang berkontribusi pada manajemen berat badan dan penurunan lemak yang terjadi pada tubuh.
 

3. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Aktivitas skipping, yang melibatkan gerakan tubuh yang berulang dan koordinasi, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi motorik. Ini dapat bermanfaat untuk berbagai aktivitas sehari-hari dan olahraga lainnya.
 

4. Memperkuat Otot Tubuh

Latihan skipping, yang melibatkan gerakan melompat, melibatkan otot kaki, panggul, bahu, dan lengan. Melakukan latihan ini secara teratur dapat memperkuat dan membentuk otot-otot ini, yang pada gilirannya meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh secara keseluruhan.
 

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Latihan fisik seperti skipping juga baik untuk kesehatan mental. Berolahraga secara teratur telah terbukti dapat menurunkan stres, meningkatkan mood, dan menurunkan risiko depresi dan kecemasan. Skipping adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/jumping-rope-to-lose-weight

https://health.clevelandclinic.org/jump-rope-benefits

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7463663/

 

YesDok Ads