5 MANFAAT PIJAT LAKTASI MENJELANG KELAHIRAN

March 05, 2024 | Dea

manfaat memijat payudara, manfaat pijat payudara, apakah manfaat memijat payudara, manfaat memijat payudara setiap hari, manfaat rutin memijat payudara, manfaat memijat payudara saat hamil, yesdok

Sobat Yesdok, Pijat laktasi juga disebut pijat payudara adalah teknik yang telah ada sejak lama untuk mempersiapkan ibu menyusui untuk melahirkan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pijat ini memiliki manfaat yang signifikan bagi ibu hamil. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

5 Manfaat Pijat Laktasi

Berikut adalah lima manfaat utama dari pijat laktasi menjelang kelahiran, antara lain:
 

1. Meningkatkan Produksi dan Keluaran ASI

Pijat laktasi dapat merangsang kelenjar susu payudara, meningkatkan produksi dan keluaran ASI. Ini sangat penting sebelum kelahiran karena tubuh sudah siap untuk memberikan nutrisi yang cukup kepada bayi.
 

2. Membantu Menyingkirkan dan Mencegah Penyumbatan Saluran Susu

Selama kehamilan, saluran susu payudara dapat tersumbat, yang dapat menghambat keluarnya ASI setelah kelahiran. Pijat laktasi secara lembut membantu melonggarkan dan membersihkan saluran susu, yang mencegah penyumbatan.
 

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Pasca Persalinan

Pijat laktasi juga dapat membantu penyembuhan pasca persalinan. Pijatan lembut pada payudara dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut, yang mempercepat penyembuhan jaringan dan mengurangi risiko infeksi atau peradangan.
 

4. Mengurangi Risiko Mastitis

Pijat laktasi dapat membantu mencegah mastitis, infeksi pada jaringan payudara yang sering terjadi pada ibu menyusui, dengan menjaga aliran ASI lancar, mengurangi penumpukan bakteri, dan mengurangi peradangan pada payudara.
 

5. Meningkatkan Koneksi Emosional Ibu dan Bayi

Pijat laktasi juga dapat meningkatkan hubungan emosional ibu-bayi. Proses ini dapat membuat ibu dan bayi merasa nyaman dan nyaman, meningkatkan ikatan antara mereka, dan mendukung pertumbuhan emosional yang sehat.
 

Dengan memahami manfaat pijat laktasi menjelang kelahiran, ibu hamil dapat mempersiapkan diri secara optimal untuk menyusui bayi mereka dengan baik setelah kelahiran. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan yang berkualifikasi sebelum memulai pijat laktasi atau praktik apa pun yang melibatkan perubahan dalam perawatan kesehatan.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://abm.me.uk/breastfeeding-information/antenatal-expression-colostrum/

https://www.healthline.com/health/breast-massage#purpose

https://health.clevelandclinic.org/breast-massage

 

YesDok Ads