Diet
+1

5 MANFAAT NASI MERAH BUAT DIET, SIMAK YUK!

January 24, 2024 | Dea

manfaat nasi merah, nasi merah berapa kalori, nasi merah untuk diet, nasi merah vs nasi putih, kandungan nasi merah, kadar gula nasi merah, khasiat nasi merah, yesdok

Sobat Yesdok, nasi merah adalah jenis beras yang sangat kaya serat, nutrisi, dan manfaat kesehatan yang luar biasa, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang menjalani program diet. Berikut adalah lima manfaat nasi merah untuk diet yang harus anda ketahui.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Manfaat Nasi Merah Untuk Diet

Berikut ini beberapa manfaat nasi merah untuk program diet andai, antara lain:
 

1. Kandungan Serat yang Tinggi

Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah mengandung lebih banyak serat, yang membantu anda tetap kenyang lebih lama, mengurangi rasa lapar, dan membantu mengendalikan berat badan.
 

2. Meningkatkan Metabolisme

Nasi merah mengandung serat yang tidak hanya membantu pencernaan tetapi juga memiliki potensi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Meningkatkan metabolisme memungkinkan tubuh membakar kalori dengan lebih efisien, yang mendukung upaya penurunan berat badan.
 

3. Indeks Glikemik Rendah

Nasi merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih, sehingga dapat membantu menjaga tingkat gula darah stabil, mengurangi fluktuasi gula darah yang dapat menyebabkan keinginan kalori yang tinggi.
 

4. Kaya Nutrisi Penting

Sejumlah nutrisi penting seperti magnesium, fosfor, selenium, thiamin, dan niacin ditemukan dalam nasi merah. Nutrisi ini membantu tubuh bekerja dengan baik dan memberikan nutrisi penting tanpa kalori yang berlebihan.
 

5. Efek Positif pada Kesehatan Jantung

Nasi merah memiliki senyawa hidup, seperti fitokimia dan antioksidan, yang dapat melindungi kesehatan jantung. Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi nasi merah dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Jika anda sedang menjalani program diet atau hanya ingin meningkatkan asupan nutrisi anda, pertimbangkan untuk menambahkan nasi merah ke dalam menu harian daripada nasi putih. 
 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter dan ahli gizi agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.webmd.com/diet/health-benefits-brown-rice

https://www.healthline.com/nutrition/is-brown-rice-good-for-you

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31619639/

YesDok Ads