Diet
+1

5 MANFAAT MENGONSUMSI PISANG BAGI PENCERNAAN

February 07, 2024 | Dea

manfaat makan pisang setiap hari, manfaat buah pisang, manfaat pisang, apa manfaat buah pisang, apa saja manfaat dari buah pisang bagi pencernaan, kandungan dan manfaat buah pisang, yesdok

Sobat Yesdok, pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan sering dimakan di seluruh dunia. Selain rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, pisang juga kaya akan nutrisi penting dan serat yang baik untuk pencernaan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Manfaat Pisang Bagi Pencernaan

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi pisang bagi pencernaan, antara lain:

 

1. Kaya akan Serat Pangan

Pisang mengandung serat pangan yang larut dan tidak larut, masing-masing. Serat pangan yang larut membantu menjaga usus anda sehat dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus besar. Serat pangan yang tidak larut, di sisi lain, mencegah sembelit dengan menambah volume tinja dan mempercepat waktu perjalanan makanan melalui saluran pencernaan.
 

2. Meringankan Masalah Pencernaan

Pisang memiliki banyak serat, yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan sembelit. Serat juga membantu menjaga keseimbangan air dalam usus, yang penting untuk pencernaan yang baik dan buang air besar yang teratur.
 

3. Menyediakan Gizi yang Mudah Diserap

Pisang mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, dan magnesium, yang penting untuk kesehatan pencernaan dan membantu tubuh anda menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih baik.
 

4. Meredakan Gejala Penyakit Usus

Pisang adalah buah yang baik untuk pencernaan bagi mereka yang menderita penyakit usus seperti penyakit Crohn atau sindrom iritasi usus besar (IBS). Gejala seperti kram perut, gas, dan diare dapat diredakan oleh kandungan seratnya yang tinggi.
 

5. Membantu Mencegah Penyakit Pencernaan Kronis

Konsumsi pisang secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko terkena divertikulosis dan kanker usus dengan membantu menjaga kesehatan usus dan mendorong pencernaan yang lancar.

Pisang bukan hanya enak dan bergizi, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan anda. Karena kandungan seratnya yang tinggi, pisang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, meredakan gejala penyakit usus, dan bahkan mencegah penyakit pencernaan jangka panjang. Oleh karena itu, adalah pilihan yang baik untuk menambahkan pisang ke dalam pola makan sehat anda untuk tetap sehat dalam jangka panjang.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-bananas

https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-bananas

https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157

YesDok Ads