5 MANFAAT KOPI TANPA GULA BAGI TUBUH

April 01, 2024 | Dea

manfaat kopi hitam tanpa gula, manfaat kopi tanpa gula, manfaat minum kopi tanpa gula, manfaat kopi pahit tanpa gula, manfaat minum kopi hitam tanpa gula, manfaat kopi tanpa gula untuk kesehatan, yesdok

Sobat Yesdok, kopi sangat disukai di seluruh dunia karena rasanya yang kuat dan efeknya yang merangsang. Meskipun kopi sering ditambahkan gula dan krim, minum kopi tanpa gula juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Kopi Tanpa Gula

Berikut adalah lima manfaat kopi tanpa gula yang perlu anda ketahui, antara lain:
 

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Kopi tanpa gula mengandung kafein, senyawa stimulan yang dapat meningkatkan fungsi kognitif seperti waktu reaksi, perhatian, dan konsentrasi. Konsumsi kopi ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja mental.
 

2. Menyediakan Antioksidan

Sumber antioksidan seperti asam klorogenat dan polifenol yang ditemukan dalam kopi membantu tubuh melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit jangka panjang.
 

3. Meningkatkan Metabolisme

Kopi tanpa gula sebelum berolahraga dapat meningkatkan kinerja fisik dan mempercepat penurunan berat badan karena kafein meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan pembakaran lemak.
 

4. Melindungi Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dalam kopi dapat melindungi jantung dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi tanpa gula terkait dengan risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.
 

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Kopi telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2, Parkinson, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Senyawa aktif dalam kopi menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan sistem saraf.

Meskipun kopi tanpa gula memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, penting untuk menggunakannya dengan hati-hati. Efek samping seperti kegelisahan, gangguan tidur, dan denyut jantung dapat disebabkan oleh konsumsi kafein yang berlebihan. Selain itu, bagi beberapa orang, kopi dapat menyebabkan reaksi alergi atau mengganggu kondisi medis tertentu.
 

Jika anda ingin memaksimalkan manfaat kopi tanpa gula untuk kesehatan, cobalah untuk mengkonsumsinya dalam jumlah moderat, kira-kira tiga hingga empat cangkir setiap hari, dan hindari menambahkan gula atau krim ke dalamnya. Dengan menggabungkannya ke dalam gaya hidup sehat, dapat memaksimalkan manfaatnya bagi tubuh anda.



 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.webmd.com/diet/health-benefits-black-coffee

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/9-reasons-why-the-right-amount-of-coffee-is-good-for-you

https://www.healthline.com/nutrition/top-evidence-based-health-benefits-of-coffee#4.-May-promote-weight-management

 

YesDok Ads