Diet
+1

5 MANFAAT KONSUMSI JAGUNG BAGI TUBUH

April 26, 2024 | Dea

manfaat jagung, apa manfaat jagung, manfaat makan jagung, manfaat dari jagung, jagung manfaatnya, kandungan dan manfaat jagung, manfaat jagung untuk kesehatan, manfaat nasi jagung untuk diet, yesdok

Sobat Yesdok, Jagung adalah salah satu tanaman pangan paling populer di dunia. Selain rasanya yang lezat dan banyak cara untuk mengonsumsinya, jagung juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Konsumsi Jagung

Berikut adalah lima manfaat konsumsi jagung bagi tubuh, antara lain:
 

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jagung mengandung banyak serat tidak larut, yang mencegah sembelit dan menambah volume tinja. Selain itu, serat tak larut ini bertindak sebagai prebiotik, yang memberi makan bakteri sehat di usus. Membantu sistem pencernaan dan menyerap nutrisi dengan lebih baik. Selain itu, proses ini menghasilkan asam lemak rantai pendek, yang dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker usus besar.
 

2. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mata

Jagung mengandung antioksidan zeaxanthin dan lutein, yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan ini melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan juga membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.
 

3. Melindungi Kesehatan Jantung

Minyak jagung mengandung fitosterol, zat alami dari tanaman yang membantu tubuh menyerap kolesterol lebih sedikit. Selain itu, minyak jagung mengandung asam lemak esensial, juga dikenal sebagai lemak tak jenuh ganda, yang sehat, yang membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol.
 

4. Menyediakan Nutrisi dan Vitamin yang Diperlukan Tubuh

Jagung adalah sumber berbagai vitamin dan mineral penting. Satu tongkol jagung ukuran sedang mengandung semua nutrisi yang tubuh butuhkan, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan folat. Mengonsumsi banyak nutrisi ini dapat membantu anda tetap sehat.
 

5. Menjaga Kadar Gula Darah dalam Kisaran yang Sehat

Tubuh mencerna jagung dengan lebih lambat karena profil indeks glikemiknya yang rendah, yang berarti pelepasan energi yang lebih lambat, membantu menjaga kadar gula darah dalam rentang yang sehat dan mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba.

Jika dikonsumsi dengan benar, jagung dapat menjadi bagian dari pola makan yang sehat. Pilih produk jagung alami daripada yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi atau gula tambahan lainnya. Selain itu, jangan gunakan terlalu banyak mentega atau garam. Anda dapat menikmati jagung sambil mendapatkan manfaat kesehatannya dengan cara ini.




 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-corn

https://www.healthline.com/nutrition/foods/corn#downsides

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/health-benefits-of-corn

YesDok Ads