5 MANFAAT JAMBU MERAH BAGI IBU HAMIL

March 01, 2024 | Dea

jambu merah untuk ibu hamil, manfaat jambu merah untuk ibu hamil, manfaat jus jambu merah untuk ibu hamil, jus jambu merah untuk ibu hamil, manfaat jambu biji merah untuk ibu hamil, yesdok

Sobat Yesdok, untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal bagi janin yang dikandung, ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi mereka selama kehamilan. Jambu merah adalah salah satu buah yang dapat memberikan tambahan nutrisi yang sangat baik. Mereka kaya akan nutrisi penting yang dapat membantu kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

5 Manfaat Jambu Merah Bagi Bumil

Berikut adalah lima manfaat utama jambu merah bagi ibu hamil, antara lain:
 

1. Sumber Vitamin C yang Tinggi

Kadar vitamin C yang tinggi dalam jambu merah adalah penting selama kehamilan karena membantu dalam pembentukan kolagen, yang diperlukan untuk pertumbuhan gigi, tulang, dan jaringan ikat janin. Selain itu, vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, membantu mencegah infeksi, dan mempercepat penyembuhan luka.
 

2. Kaya akan Serat

Serat larut dan tidak larut yang terkandung dalam jambu merah membantu mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya yang sering terjadi selama kehamilan. Konsumsi serat yang cukup juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan dan mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.
 

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jambu merah mengandung potasium, yang membantu menjaga tekanan darah stabil selama kehamilan dan mengurangi risiko hipertensi atau preeklampsia. Serat dalam jambu merah juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah, yang mengurangi risiko penyakit jantung.
 

4. Mengandung Antioksidan

Berbagai antioksidan dalam jambu merah, termasuk polifenol dan likopen, membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Antioksidan ini juga mengurangi risiko penyakit jangka panjang dan peradangan, yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.
 

5. Menyediakan Energi

Energi ekstra diperlukan oleh ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Mengandung karbohidrat kompleks, jambu merah membantu mengatasi kelelahan yang umum selama kehamilan.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/guava-pregnancy

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757

https://www.marham.pk/healthblog/guava-fruit-benefits-in-pregnancy/

 

YesDok Ads