5 MANFAAT DARK CHOCO UNTUK KULIT

March 07, 2024 | Dea

manfaat coklat untuk kulit, manfaat lulur coklat untuk kulit, manfaat coklat untuk kecantikan kulit wajah, manfaat coklat untuk kesehatan kulit, manfaat masker coklat untuk kulit, manfaat masker coklat untuk kulit wajah, yesdok

Sobat Yesdok, Dark chocolate atau cokelat hitam bukan hanya lezat untuk dinikmati, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anda, termasuk baik untuk kulit. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Manfaat Dark Choco Untuk Kulit

Berikut adalah lima manfaat dark chocolate untuk kulit, antara lain:
 

1. Antioksidan yang Tinggi

Dark chocolate mengandung banyak antioksidan, terutama flavonoid. Antioksidan membantu melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh, melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi udara dan paparan sinar ultraviolet. Ini dapat menjaga kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini.
 

2. Meningkatkan Kehalusan Kulit

Kandungan flavonoid dark chocolate telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan meningkatkan jumlah air yang ada di dalamnya, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya.
 

3. Melindungi dari Kerusakan Matahari

Coklat gelap mengandung senyawa yang disebut flavonoid epikatekin, yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Senyawa ini dapat mengurangi risiko kemerahan, kemerahan, dan bahkan kanker kulit. Meskipun demikian, tetaplah menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit anda, tetapi tidak menggantinya dengan dark chocolate.
 

4. Mengurangi Peradangan

Dark chocolate memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Konsumsi dark chocolate secara teratur dapat memperbaiki kulit anda dan mengurangi gejala peradangan.
 

5. Meningkatkan Kepadatan Kolagen

Dark chocolate juga memiliki flavonoid yang dapat meningkatkan produksi kolagen kulit. Kolagen adalah protein struktural utama kulit yang memberikan kekencangan dan kekenyalan. Dengan meningkatkan produksi kolagen, dark chocolate dapat membantu menjaga kulit kencang dan tampak lebih muda.

Dark chocolate sangat baik untuk kesehatan kulit, tetapi sebaiknya Anda mengonsumsinya dalam jumlah moderat dan sebagian dalam pola makan yang seimbang. Pilih dark chocolate dengan kandungan kakao yang tinggi (setidaknya 70%) dan hindari jenis dengan banyak gula dan lemak. Dengan cara ini, anda dapat menikmati manfaat dark chocolate dengan aman dan sempurna untuk kulit.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-dark-chocolate

https://health.clevelandclinic.org/dark-chocolate-health-benefits

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6169599/

 

YesDok Ads