5 MANFAAT BLACK TEA UNTUK DIET

March 01, 2024 | Dea

manfaat black tea, manfaat black tea untuk kesehatan, black tea manfaat, manfaat black tea untuk diet, kandungan dan manfaat black tea, yesdok

Sobat Yesdok, selain menjadi minuman yang menyegarkan, teh hitam, yang terkenal dengan aroma dan rasa khasnya, dapat membantu orang yang berusaha menurunkan berat badan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

5 Manfaat Black Tea Untuk Diet

Berikut adalah lima manfaat black tea yang dapat membantu dalam program diet, antara lain:
 

1. Meningkatkan Metabolisme

Black tea mengandung kafein, yang memiliki kemampuan untuk merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatkan metabolisme, tubuh akan membakar kalori dengan lebih efisien, yang membantu dalam penurunan berat badan.
 

2. Mengandung Antioksidan

Black tea mengandung antioksidan kuat, seperti flavonoid, yang dapat membantu melawan kerusakan radikal bebas pada sel-sel tubuh. Antioksidan ini juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.
 

3. Meningkatkan Oksidasi Lemak

Menurut beberapa penelitian, black tea dapat meningkatkan oksidasi lemak, proses di mana tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Dengan kata lain, konsumsi black tea dapat membantu penurunan berat badan.
 

4. Mengurangi Nafsu Makan

Black tea memiliki kafein yang dapat mengurangi nafsu makan dan membuat merasa lebih kenyang. Dengan demikian, minum secara teratur dapat membantu mengontrol asupan kalori dan mencegah nda makan terlalu banyak. Ini adalah bagian penting dari penurunan berat badan.
 

5. Memperbaiki Kinerja Otak

Black tea mengandung kafein yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kewaspadaan mental. Hal ini dapat membantu anda tetap termotivasi dan fokus selama program diet, dan juga dapat membantu mengurangi kelelahan yang sering terjadi selama penurunan berat badan.
 

Jika anda ingin menurunkan berat badan, teh hitam dapat membantu, tetapi anda harus mengonsumsinya dengan bijak dan seimbang karena terlalu banyak kafein dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, insomnia, atau denyut jantung yang lebih tinggi. Penambahan gula atau krim susu ke black tea juga dapat menambah kalori yang tidak diinginkan dan mengurangi manfaatnya untuk program diet. Oleh karena itu, lebih baik menikmatinya hanya beberapa cangkir setiap hari. 



 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.uclahealth.org/news/6-health-benefits-of-drinking-black-tea

https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-benefits

https://www.medicalnewstoday.com/articles/292160

 

YesDok Ads