5 MANFAAT AIR REBUSAN SERAI

March 26, 2024 | Dea

manfaat minum air rebusan serai, manfaat minum rebusan serai, manfaat rebusan daun serai, manfaat rebusan jahe dan serai, manfaat minum air rebusan serai setiap hari, apa manfaat rebusan serai, yesdok

Sobat Yesdok, dengan citarasa dan aroma yang luar biasa, serai dapat digunakan untuk menambah rasa pada makanan Asia dan sebagai minuman yang menyegarkan. Air rebusan serai, juga dikenal sebagai teh lemongrass, telah dikenal selama berabad-abad karena sifatnya yang menyehatkan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Rebusan Serai

Berikut ini beberapa manfaat menakjubkan yang bisa anda dapatkan dengan meminum air rebusan serai, antara lain:
 

1. Melawan Kanker

Air rebusan serai mengandung senyawa-senyawa anti-kanker seperti citral, geraniol, dan limonene. Studi ilmiah menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini dapat melawan pertumbuhan sel kanker dan mencegah pertumbuhan tumor.
 

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Air rebusan serai telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi kram perut, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Sifat antimikroba dan anti inflamasi serai membantu mengurangi peradangan di saluran pencernaan dan meredakan masalah pencernaan.
 

3. Menurunkan Kolesterol

Dengan minum air rebusan serai secara teratur, anda dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular karena kandungan sitral dalam serai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
 

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rebusan air serai yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang mendukung sistem kekebalan tubuh, dapat membantu melawan radikal bebas, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.
 

5. Meredakan Stres dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Air rebusan serai memiliki sifat yang menenangkan yang membantu mengurangi ketegangan otot, menenangkan pikiran, dan meningkatkan kualitas tidur.



 

Cara Membuat Air Rebusan Serai
 

Berikut ini beberapa cara membuat air rebusan serai, antara lain: 
 

  • Siapkan batang serai segar dan cuci bersih
     
  • Iris serai menjadi potongan-potongan kecil
     
  • Rebus potongan serai dalam air mendidih selama sekitar 5-10 menit
     
  • Saring air rebusan dan tambahkan sedikit madu atau lemon untuk rasa tambahan
     
  • Nikmati air rebusan serai hangat atau dingin


 

Air rebusan serai memiliki banyak manfaat kesehatan selain menjadi minuman yang lezat dan menyegarkan. Minuman rebusan serai memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti melawan kanker, meningkatkan sistem pencernaan, dan meredakan stres. Untuk memaksimalkan manfaatnya, jangan ragu untuk menambahkan air rebusan serai ke dalam diet.



 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/lemongrass-tea#anticancerous

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321969

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-719/lemongrass

 

YesDok Ads