5 MAKANAN MEMPERBANYAK ASI

March 04, 2024 | Dea

makanan untuk memperbanyak asi, makanan yang memperbanyak asi, makanan memperbanyak asi, makanan yang dapat memperbanyak asi, makanan untuk memperbanyak asi ibu menyusui, yesdok

Sobat Yesdok, untuk memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan, ibu menyusui harus meningkatkan produksi ASI, atau air susu ibu. Produksi ASI dapat dipengaruhi oleh sejumlah variabel, termasuk pola makan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

5 Makanan Perbanyak ASI

Berikut adalah lima makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI, antara lain:
 

1. Oatmeal

Oatmeal, yang kaya serat dan zat besi, dapat membantu meningkatkan produksi ASI karena mengandung beta-glukan, yang meningkatkan produksi hormon prolaktin, yang penting untuk produksi ASI.
 

2. Salmon

Salmon adalah sumber asam lemak omega-3, yang penting untuk perkembangan otak dan mata bayi. Konsumsi salmon juga dapat meningkatkan kandungan lemak dalam ASI, yang dapat meningkatkan kualitas ASI.
 

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti kenari dan almond, serta biji-bijian, seperti biji rami dan biji labu, dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Kacang-kacangan dan biji-bijian ini juga mengandung nutrisi penting, seperti zat besi, protein, dan asam lemak omega-3.
 

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale memiliki banyak zat besi dan kalsium, yang penting untuk kesehatan ibu menyusui dan produksi ASI yang baik.
 

5. Buah-buahan Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry memiliki tingkat antioksidan dan vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan ibu menyusui.

Meskipun makanan-makanan di atas dapat meningkatkan produksi ASI, sangat penting untuk minum air dalam jumlah yang cukup dan menjaga pola makan yang seimbang dan kaya nutrisi. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan sehat dapat membantu meningkatkan produksi ASI dan memberikan nutrisi yang baik bagi bayi selama masa menyusui.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/parenting/lactation-boosting-recipes

https://www.lebonheur.org/blogs/practical-parenting/5-best-and-worst-foods-for-breast-milk-supply

https://news.sanfordhealth.org/womens/top-10-breastfeeding-superfoods/

 

YesDok Ads