5 KEBIASAAN BIKIN WAJAH CEPAT TUA, WASPADAI PENYEBABNYA!

November 27, 2023 | Dea

Kebiasaan bikin wajah tua, penuaan dini, penyebab wajah keriput, wajah tua, kulit wajah rusak,  hiperpigmentasi, skincare, merkuri, pola makan, sinar uv, yesdok

Sobat Yesdok, anda pasti ingin memiliki kulit wajah yang bagus dan awet muda, selain itu banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk memuluskan wajahnya sampai menggunakan produk skincare merkuri karena dapat membuat kulit wajah bagus sesaar, tetapi dapat berbahaya di kemudian hari. Namun apa sajakah kebiasaan yang dapat membuat kulit wajah cepat tua?

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini sebagai berikut. 

 

5 Kebiasaan Buat Wajah Cepat Tua

Kulit dapat mengalami penuaan dini yang dapat ditandai dengan perubahan kulit seperti keriput, bintik-bintik penuaan, kekeringan, hilangnya warna kulit dan hiperpigmentasi di sekitar wajah. Penyebab utamanya yaitu karena paparan sinar ultraviolet (UV) yang terlalu sering. Sinar UV dapat merusak sel-sel kulit yang berkontribusi terhadap penuaan dini yang mempengaruhi penurunan kolagen serta elastisitas kulit. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat mempercepat proses penuaan pada kulit wajah, antara lain:
 

  • Tidak Melindungi Kulit dari Paparan Matahari

Paparan sinar UV dari matahari dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit, menyebabkan keriput dan garis halus. Tidak menggunakan tabir surya atau tidak melindungi kulit dari sinar matahari secara umum dapat menyebabkan penuaan dini.
 

  • Merokok

Merokok juga dapat mempercepat proses penuaan kulit. Zat-zat kimia dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin, yang menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kekenyalannya.
 

  • Kurang Tidur dan Stres

Kurang tidur dan tingkat stres yang tinggi membuat tubuh melepaskan hormon kortisol yang dapat merusak kolagen. Kurang tidur juga dapat menyebabkan kulit tampak pucat dan kusam.
 

  • Konsumsi Alkohol Berlebihan

Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat membuat kulit kering dan kurang elastis. Konsumsi alkohol berlebihan juga dapat memberikan tekanan pada organ tubuh, termasuk kulit.
 

  • Pola Makan yang Tidak Sehat

Kebiasaan makan yang tidak sehat, termasuk diet tinggi gula dan rendah nutrisi, dapat berdampak negatif pada kulit. Gula dapat merusak kolagen dalam kulit melalui proses yang disebut glikasi, yang dapat menyebabkan kulit kehilangan kekenyalan dan mempercepat proses penuaan.
 

Untuk menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi risiko penuaan dini, penting untuk mengadopsi gaya hidup sehat. Biasakan untuk selalu melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari dengan tabir surya, cobalah untuk berhenti merokok dan alkohol berlebihan, tidur yang cukup, mengelola stres, dan mengadopsi pola makan sehat yang kaya akan nutrisi. Selain itu, perhatikan dan jaga kelembaban dan kekenyalan kulit.


 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/23105-premature-aging

https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/reduce-premature-aging-skin

https://www.healthshots.com/beauty/skin-care/stop-now-these-6-everyday-things-can-make-you-age-faster/

 

YesDok Ads