5 GEJALA USUS KOTOR PADA TUBUH, BISA FATAL LOH

February 29, 2024 | Dea

cara membersihkan usus kotor, usus kotor, ciri ciri usus kotor, membersihkan usus kotor, tanda usus kotor, penyebab usus kotor, ciri usus kotor, gejala usus kotor, yesdok

Sobat Yesdok, kesehatan usus adalah penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Usus yang sehat membantu pencernaan yang baik, penyerapan nutrisi yang optimal, dan membantu sistem kekebalan tubuh. Namun, usus yang tidak seimbang atau kotor dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Gejala Usus Kotor

Berikut adalah 5 gejala usus kotor pada tubuh yang perlu diwaspadai karena dapat berpotensi fatal, antara lain:
 

1. Masalah Pencernaan yang Kronis

Seringkali, tanda-tanda bahwa ada masalah dengan kesehatan usus adalah pencernaan yang tidak teratur, sembelit, diare, atau masalah pencernaan lainnya. Menurut penelitian yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information (NCBI), peradangan pada usus atau ketidakseimbangan bakteri usus yang mengganggu fungsi pencernaan normal dapat menjadi gejala masalah pencernaan jangka panjang.
 

2. Gangguan pada Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berada di usus, dan ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat dalam usus dapat menyebabkan respon autoimun yang merusak jaringan tubuh. Alergi, asma, atau penyakit autoimun seperti lupus atau penyakit Crohn adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh
 

3. Perubahan Berat Badan yang Tidak Wajar

Perubahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, seperti penurunan berat badan yang tidak diinginkan atau peningkatan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dapat menunjukkan masalah kesehatan usus. Perubahan berat badan yang signifikan tanpa sebab yang jelas dapat menunjukkan bahwa sistem pencernaan anda mengalami masalah dan tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik.
 

4. Gangguan Mental dan Emosional

Kesehatan mental dan emosional juga terkait dengan kesehatan usus. Karena jaringan sarafnya yang kompleks yang berhubungan dengan otak, usus disebut sebagai "otak kedua". Suasana hati, tingkat stres, dan kecemasan seseorang dapat dipengaruhi oleh ketidakseimbangan bakteri usus atau inflamasi usus.
 

5. Penyakit Kronis dan Kanker

Ketidakseimbangan bakteri usus dan peradangan jangka panjang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, atau bahkan kanker usus. Penelitian telah menunjukkan bahwa kondisi usus yang tidak sehat adalah faktor risiko utama untuk kanker usus.

Sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan untuk mengetahui gejala usus kotor. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan pengobatan yang tepat jika anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas. Untuk mencegah masalah kesehatan serius yang dapat disebabkan oleh usus kotor, penting untuk menjaga kesehatan usus melalui pola makan yang sehat, konsumsi serat yang cukup, dan memperhatikan lingkungan usus.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://gi.md/resources/articles/how-is-your-gut-health-5-signs-your-gut-may-be-unhealthy

https://www.frederickhealth.org/news/2021/july/10-signs-of-an-unhealthy-gut/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3983973/

 

YesDok Ads