5 GEJALA MENGIDAP DEMENTIA

April 24, 2024 | Dea

Ciri dementia, gejala dementia, faktor penyebab demensia, penyebab demensia pada lansia, penyebab alzheimer dan demensia, demensia disebabkan oleh, penyebab demensia di usia muda, yesdok

Sobat Yesdok, gejala dementia salah satunya yaitu distraksi daya ingat, pemikiran, dan kemampuan sosial sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari dikenal sebagai dementia. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Gejala Dementia

Berikut adalah lima gejala umum yang sering dihubungkan dengan dementia, beserta penjelasan dari sumber-sumber yang diberikan, antara lain:
 

1. Masalah Memori

Kehilangan ingatan, terutama ingatan jangka pendek, adalah gejala utama dementia. Mereka yang menderita demensia sering lupa hal-hal yang baru saja terjadi atau kesulitan mengingat informasi penting, seperti janji atau tugas sehari-hari.
 

2. Kesulitan Melakukan Tugas Sehari-hari

Tugas yang biasa mereka selesaikan mungkin sulit bagi orang dengan demensia. Hal-hal sederhana seperti menyiapkan makanan atau mengikuti resep yang sudah dikenal bisa termasuk dalam ini.
 

3. Kebingungan dengan Waktu atau Tempat

Penderita demensia dapat mengalami disorientasi, di mana mereka kehilangan jejak waktu atau bingung di mana mereka berada. Mereka mungkin tersesat di lingkungan yang mereka kenal sebelumnya atau bingung tentang tanggal dan waktu.
 

4. Perubahan Perilaku atau Kepribadian

Gejala umum demensia adalah perubahan suasana hati dan kepribadian. Penderita mungkin mengalami perubahan perilaku yang drastis, seperti menjadi lebih agresif, apatis, atau cenderung menghindari interaksi sosial.
 

5. Masalah dengan Bahasa

Kemampuan berkomunikasi seseorang yang menderita dementia dapat berubah. Penderita mungkin mengalami kesulitan menemukan kata yang tepat, mengulang-ulang kalimat, atau menghindari percakapan karena merasa frustasi.

Meskipun dementia belum dapat disembuhkan, diagnosis dini dapat membantu mengelola gejala dan memperlambat perkembangan penyakit, jadi penting untuk mencari evaluasi medis lebih lanjut untuk menentukan penyebab pastinya.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/dementia-early-signs

https://alzheimer.ca/en/about-dementia/do-i-have-dementia/10-warning-signs-dementia

https://www.alz.org/alzheimers-dementia/10_signs

YesDok Ads