5 GEJALA MASTITIS PADA PAYUDARA IBU MENYUSUI

February 01, 2024 | Dea

mastitis adalah, apa itu mastitis, gejala mastitis, mastitis pecah sendiri, ciri ciri mastitis, mastitis pada payudara, penyebab mastitis, mastitis payudara adalah, yesdok

Sobat Yesdok, Ibu menyusui sering mengalami mastitis, yang dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan. Dengan memahami gejalanya, ibu dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Gejala Mastitis

Berikut ini beberapa gejala mastitis yang dapat terjadi pada ibu menyusui , antara lain:
 

1. Nyeri pada Satu Area Payudara

Gejala utama mastitis adalah nyeri yang terfokus pada satu area payudara. Nyeri ini mungkin dirasakan sebagai rasa sakit tajam atau terbakar, dan seringkali meningkat saat menyusui atau menyentuh payudara payudara.
 

2. Pembengkakan dan Kemerahan

Mastitis dapat menyebabkan pembengkakan dan kemerahan pada bagian atau seluruh payudara. Perubahan ini dapat terjadi dengan cepat dan seringkali disertai dengan rasa panas di area yang terkena.
 

3. Demam dan Menggigil

Jika ibu menyusui mengalami peningkatan suhu tubuh, terutama disertai dengan menggigil, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.
 

4. Kelelahan dan Kelemahan Umum

Ibu menyusui mungkin merasa sangat lelah dan lemah karena infeksi jenis ini, yang dapat mempengaruhi kesehatan mereka secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui untuk memberi tahu tenaga medis jika mereka merasa sangat lelah.
 

5. Ketidaknyamanan saat Menyusui

Ibu menyusui yang mengalami mastitis mungkin mengalami ketidaknyamanan atau sakit saat menyusui bayinya, yang dapat membuat ibu menghindari memberi ASI pada payudara yang terkena. Namun, penting bagi ibu untuk terus menyusui agar kondisi tidak memburuk.
 

Untuk menangani mastitis, pencegahan sangat penting. Ini termasuk menerapkan teknik menyusui yang benar, menyusui bayi secara teratur, dan menjaga kesehatan umum dengan cukup istirahat dan nutrisi yang baik. Dengan penanganan yang tepat dan penanganan dini, mastitis dapat diatasi dan ibu menyusui dapat tetap menikmati pengalaman menyusui mereka dengan nyaman.
 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter ahli laktasi agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mastitis/symptoms-causes/syc-20374829

https://www.nidirect.gov.uk/conditions/mastitis

https://llli.org/breastfeeding-info/mastitis/

YesDok Ads