5 GEJALA FOTOFOBIA YANG WAJIB ANDA WASPADAI

February 06, 2024 | Dea

fotofobia adalah, fotofobia, apa itu fotofobia, cara mengatasi fotofobia, kacamata untuk fotofobia, ciri ciri fotofobia, penyebab fotofobia, yesdok

Sobat Yesdok, Fotofobia, juga dikenal sebagai kepekaan terhadap cahaya, adalah kondisi yang sangat mengganggu dan meresahkan. Jika mengalaminya, anda harus memperhatikan beberapa gejala yang mungkin muncul. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Gejala Fotofobia

Berikut adalah beberapa tanda-tanda seseorang mengidap fotofobia, antara lain:

 

1. Sensasi Nyeri atau Ketidaknyamanan saat Terpapar Cahaya Terang

Jika merasa sulit menahan cahaya terang atau matahari, anda mungkin mengalami fotofobia, yang sering ditandai dengan sensasi nyeri atau ketidaknyamanan yang signifikan saat terpapar cahaya terang.
 

2. Mata Merah dan Berair

Fotofobia dapat menyebabkan mata menjadi merah dan berair. Mereka juga dapat mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan ketika mata terpapar cahaya.
 

3. Berkedip atau Mengedipkan Mata Secara Berlebihan

Untuk melindungi mata dari paparan yang terlalu kuat, orang yang mengalami fotofobia mungkin lebih sering berkedip atau mengedipkan mata mereka secara berlebihan.
 

4. Sakit Kepala atau Migrain yang Terpicu oleh Cahaya

Sakit kepala atau migrain sering dikaitkan dengan fotofobia, terutama ketika mata terpapar cahaya terang. Penderita mungkin mengalami sakit kepala atau migrain yang lebih parah saat berada di lingkungan dengan cahaya yang terlalu terang.
 

5. Ketidaknyamanan pada Mata Saat Menggunakan Gawai Elektronik

Fotofobia adalah kondisi di mana mata menjadi lebih sensitif terhadap layar gawai elektronik seperti ponsel atau komputer. Ini dapat menjadi tanda bahwa anda mengalami kesulitan atau ketidaknyamanan saat menggunakan perangkat elektronik dengan layar terang.


 

Solusi dan Tindakan Pencegahan

Berikut ini beberapa solusi yang tepat bagi pengidap fotofobia, antara lain:
 

  • Konsultasikan dengan Dokter Mata

Konsultasikan dengan dokter mata untuk diagnosis dan pengobatan fotofobia.
 

  • Gunakan Kacamata Hitam 

Menggunakan kacamata hitam dapat membantu mengurangi paparan cahaya berlebih saat berada di luar ruangan pada hari yang terang.
 

  • Hindari Paparan Cahaya Terlalu Terang

Kurangi waktu yang dihabiskan di tempat dengan pencahayaan berlebihan atau di bawah sinar matahari langsung.

 

Mengidentifikasi gejala fotofobia segera dapat membantu mendapatkan perawatan yang tepat. Konsultasikan dengan ahli mata untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat untuk kondisi anda. Sangat penting untuk menjaga keselamatan dan kesehatan mata.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/photophobia

https://www.mountsinai.org/health-library/symptoms/photophobia

https://www.aao.org/eyenet/article/photophobia-looking-causes-solutions

YesDok Ads