5 CIRI VAGINA SEHAT, PERHATIKAN KEBERSIHAN VAGINA YUK

January 31, 2024 | Dea

ciri ciri vagina sehat, ciri miss v sehat, cara mengetahui miss v sehat atau tidak, bentuk miss v yang sehat, contoh miss v yang sehat, bentuk dan warna miss v yang sehat, yesdok

Sobat Yesdok, untuk bagian tubuh wanita yang sangat penting ini, vagina harus dijaga dengan baik. Wanita dapat lebih baik memperhatikan tanda-tanda kesehatan vagina mereka. Berikut adalah lima tanda vagina yang sehat yang harus diperhatikan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Ciri Vagina Sehat

Berikut ini beberapa ciri vagina yang sehat, antara lain:

 

1. Kebersihan dan Keharuman Normal

Biasanya, vagina yang sehat memiliki bau yang tidak terlalu tajam atau tidak sedap. Bau normal biasanya ringan dan tidak mengganggu. Menjaga kebersihan bagian luar vagina dengan mencucinya dengan sabun lembut tanpa pewangi dapat membantu mencegah bakteri yang menyebabkan bau yang tidak diinginkan berkembang biak.
 

2. Warna dan Tekstur Normal

Warna vagina yang sehat adalah merah muda atau merah muda kecoklatan, dan lendir yang dihasilkan jernih atau putih susu. Perubahan warna atau gumpalan yang tidak biasa dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan.
 

3. Kelembapan Alami

Jika anda mengalami kekeringan vagina yang tidak nyaman, jangan ragu untuk menggunakan pelumas berbasis air. Vagina yang sehat secara alami memiliki tingkat kelembaban yang cukup untuk menjaga kenyamanan. Kelembaban ini biasanya berasal dari cairan lendir yang diproduksi oleh dinding vagina.
 

4. Tidak Ada Rasa Sakit atau Gatal yang Berlebihan

Rasa sakit atau gatal yang berlebihan dapat menunjukkan infeksi atau iritasi. 
 

5. Tidak Ada Perubahan Drastis dalam Discharge

Selama siklus menstruasi, cairan vagina normal dapat mengalami perubahan, tetapi perubahan yang signifikan seperti bau yang tidak biasa atau perubahan warna dapat menunjukkan masalah kesehatan. 
 

 

Penting untuk Diperhatikan

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menjaga kesehatan vagina, antara lain:

 

  • Hindari penggunaan sabun atau produk pembersih yang mengandung pewangi atau bahan kimia agresif yang dapat mengganggu keseimbangan pH vagina.
     
  • Ganti pakaian dalam secara teratur dan pilih pakaian yang tidak terlalu ketat untuk memungkinkan sirkulasi udara.
     
  • Melakukan pemeriksaan rutin dan mengadopsi kebiasaan hidup sehat dapat membantu menjaga kesehatan vagina. 

     

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/vaginal-health/what-you-need-to-know-about-vaginal-health-at-every-age#The-bottom-line

https://www.ashasexualhealth.org/vaginalhealth/

https://www.associatesinwomenshealthcare.net/blog/your-vagina-whats-normal-whats-not-vaginal-problems/

https://www.grace.health/post/tips-for-a-healthy-vagina

YesDok Ads