5 CARA MENINGKATKAN AIR KETUBAN SAAT HAMIL

March 06, 2024 | Dea

cara meningkatkan air ketuban, cara meningkatkan air ketuban dengan cepat, cara meningkatkan air ketuban pada ibu hamil, meningkatkan air ketuban, cara meningkatkan air ketuban saat hamil, cara meningkatkan volume air ketuban, yesdok

Sobat Yesdok, air ketuban memainkan peran penting dalam perkembangan janin selama kehamilan, dan kekurangan air ketuban atau oligohidramnion meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Namun, anda dapat melakukan beberapa cara untuk meningkatkan jumlah air ketuban. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Cara Meningkatkan Air Ketuban

Berikut adalah lima cara yang bisa dilakukan ibu hamil yang didukung oleh saran dari para ahli dan penelitian medis, antara lain:
 

1. Konsumsi Cairan Secukupnya

Selama kehamilan, penting untuk tetap terhidrasi. Untuk mendapatkan jumlah hidrasi yang optimal, minumlah setidaknya delapan gelas air setiap hari. Anda juga dapat menambah cairan seperti jus buah segar atau kaldu sayuran. Hindari minuman berkafein atau beralkohol karena dapat menyebabkan anda kehilangan banyak cairan.
 

2. Perhatikan Asupan Garam

Seseorang harus memperhatikan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung natrium sehat, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan makanan laut, dapat membantu meningkatkan volume cairan tubuh secara keseluruhan, termasuk air ketuban, karena garam adalah komponen penting dalam regulasi volume cairan tubuh.
 

3. Istirahat yang Cukup

Pastikan anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam untuk mendukung kesehatan anda dan janin karena kurang tidur dapat menyebabkan stres pada tubuh dan mengganggu keseimbangan cairan, termasuk air ketuban, yang sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin.
 

4. Hindari Stres

Kesehatan ibu hamil dan janin dapat terpengaruh negatif oleh stres. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan pelepasan hormon stres seperti kortisol, yang mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Jika perlu, pelajari teknik untuk mengurangi stres, seperti meditasi, yoga, atau berbicara dengan profesional kesehatan mental.
 

5. Ikuti Panduan Kesehatan Prenatal

Menurut kebutuhan dan kondisi kehamilan anda, dokter atau bidan anda akan menyarankan untuk mengikuti pedoman kesehatan prenatal, yang termasuk menjalani pemeriksaan prenatal rutin dan mengikuti saran gizi yang diberikan.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/pregnancy/how-to-increase-amniotic-fluid

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-increase-amniotic-fluid

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22179-oligohydramnios

 

YesDok Ads