5 CARA MENGATASI NERVOUS

March 20, 2024 | Dea

mengatasi nervous berlebihan, mengatasi nervous, cara mengatasi nervous, cara mengatasi nervous dalam public speaking, cara mengatasi nervous di depan umum, cara mengatasi nervous saat presentasi, yesdok

Sobat Yesdok, semua orang pernah mengalami situasi yang membuat mereka gugup atau cemas. Namun, sangat penting untuk mengatasi gugup jika mulai mengganggu kehidupan sehari-hari. Berbagai sumber kesehatan menawarkan beberapa strategi untuk membantu mengatasi rasa gugup dan mengelola stres.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

5 Cara Mengatasi Nervous

Berikut ini beberapa cara yang tepat dalam mengatasi nervous, antara lain:
 

1. Bernapas dengan Dalam dan Perlahan

Salah satu cara tercepat untuk menenangkan diri saat gugup adalah dengan melakukan latihan pernapasan dalam dan perlahan. Bernapas dalam dan kemudian mengeluarkannya secara perlahan membantu meredakan ketegangan emosional dan fisik. Fokuskan perhatian pada pernapasan dan fokuskan pikiran anda pada sensasi napas masuk dan keluar.
 

2. Menggunakan Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau relaksasi otot progresif (PMR) dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Cobalah untuk menghabiskan beberapa menit setiap hari untuk berlatih teknik relaksasi yang anda pilih, ini dapat membantu merasa lebih tenang dan terkontrol dalam situasi yang membuat anda gugup.
 

3. Mengubah Cara Berpikir

Rasa gugup seringkali diperkuat oleh pikiran negatif atau berlebihan. Saat anda gugup, cobalah untuk mengidentifikasi pikiran negatif yang muncul, lalu coba ubah mereka menjadi pikiran yang lebih positif dan realistis. Afirmasi positif dan konfrontasi pikiran negatif dengan kebenaran dapat membantu mengurangi kecemasan.
 

4. Berolahraga secara Teratur

Melakukan olahraga secara teratur tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga dapat membantu anda mengurangi stres dan kecemasan. Endorfin, zat kimia dalam otak yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi sensitivitas terhadap rasa sakit, dilepaskan saat berolahraga. Setiap hari, cobalah untuk menyisihkan waktu untuk berolahraga, bahkan jika itu hanya aktivitas ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda.
 

5. Mengelola Waktu dan Menetapkan Prioritas

Terlalu sibuk dan terlalu banyak tugas seringkali merupakan penyebab kecemasan. Menetapkan prioritas yang jelas dan mengelola waktu dengan bijak dapat membantu mengurangi tekanan dan kecemasan. 
 

Meskipun gugup dan kecemasan adalah hal yang wajar, penting untuk memiliki strategi untuk menanganinya dengan menggunakan teknik pernapasan dan relaksasi, mengubah pola pikir negatif, berolahraga secara teratur, dan mengelola waktu dengan bijaksana.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.nhsinform.scot/healthy-living/mental-wellbeing/fears-and-phobias/10-ways-to-fight-your-fears/

https://www.cdc.gov/violenceprevention/about/copingwith-stresstips.html

https://health.clevelandclinic.org/how-to-calm-down

 

YesDok Ads