5 CARA ATASI RADANG AMANDEL

April 01, 2024 | Dea

radang amandel, perbedaan radang tenggorokan dan amandel, gejala radang amandel, cara mengatasi radang amandel, cara mengobati radang amandel, cara menyembuhkan radang amandel, cara meredakan amandel meradang, yesdok

Sobat Yesdok, sakit tenggorokan, masalah menelan, demam, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher adalah gejala umum dari radang amandel, juga dikenal sebagai tonsillitis. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Mengatasi Radang Amandel

Berikut ini adalah enam cara agar dapat mengatasi radang amandel saat kambuh, antara lain:
 

1. Istirahat yang Cukup

Sangat penting untuk memberi tubuh waktu untuk istirahat dan pulih dari radang amandel. Sistem kekebalan tubuh anda akan melawan infeksi dan proses penyembuhan akan lebih cepat.
 

2. Minum Banyak Cairan

Untuk mencegah radang amandel pastikan tubuh anda tidak dehidrasi penuhi kebutuhan air anda setiap harinya, pastikan anda minum banyak cairan, terutama air. Minuman hangat seperti teh herbal dengan madu atau sup kaldu ayam juga dapat membantu menyegarkan tenggorokan.
 

3. Berkumur dengan Larutan Garam

Untuk meredakan peradangan dan rasa sakit amandel, kumur dengan larutan garam hangat beberapa kali sehari. Setengah sendok teh garam harus dicampur dengan segelas air hangat. Kumurkan selama tiga puluh detik sebelum meludahkannya.
 

4. Konsumsi Makanan Lunak dan Dingin

Makan makanan lunak seperti yogurt ataupun smoothie buah dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada amandel. Namun, hindari makanan pedas atau keras karena dapat memperburuk iritasi
 

5. Gunakan Obat Pereda Nyeri

Sakit tenggorokan dan demam yang disebabkan oleh radang amandel dapat diredakan dengan obat pereda nyeri bebas resep seperti parasetamol atau ibuprofen. Pastikan anda mengikuti petunjuk dosis yang direkomendasikan.

 

 

Jika radang amandel anda parah atau tidak membaik dalam beberapa hari atau jika mengalami masalah bernapas atau menelan, sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.


Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.nhs.uk/conditions/tonsillitis/

https://www.healthdirect.gov.au/tonsillitis

https://www.bupa.co.uk/health-information/childrens-health/tonsillitis

 

YesDok Ads