5 CARA ATASI PENYAKIT MOLUSKUM KONTAGIOSUM USAI BERENANG

January 23, 2024 | Dea

Moluskum, moluskum kontagiosum adalah, moluskum kontagiosum pada anak, apakah moluskum kontagiosum berbahaya, gejala moluskum kontagiosum, perawatan moluskum kontagiosum, bintil pada kulit, yesdok

Sobat Yesdok, anda harus tahu tentang penyakit Moluskum Kontagiosum, yang merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh virus poxvirus. Berenang, terutama di kolam umum, meningkatkan risiko penularan virus ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas enam metode untuk mengatasi penyakit Moluskum Kontagiosum setelah berenang.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Cara Atasi Moluskum Kontagiosum

Berikut ini beberapa cara mengatasi kontaminasi penyakit moluskum usai berenang yang menyerang kulit anak, antara lain:
 

1. Hindari Berenang Saat Lesi Aktif

Hindari berenang di kolam renang umum atau kolam renang lainnya jika anda atau anak menderita lesi aktif. Ini dapat membantu mencegah virus menyebar kepada orang lain.
 

2. Jangan Berbagi Handuk dan Peralatan Mandi

Hindari berbagi sikat mandi, handuk, atau peralatan mandi pribadi lainnya. Virus Moluskum Kontagiosum dapat menyebar melalui kontak langsung dengan benda pribadi yang terkontaminasi.
 

3. Tutup Lesi dengan Perban atau Pakaian

Tutup lesi dengan perban atau pakaian untuk mengurangi risiko penularan. Ini juga dapat membantu mencegah virus menyebar ke bagian lain tubuh.
 

4. Hindari Mencukur atau Menggaruk Lesi

Hindari mencukur atau menggaruk lesi Moluskum Kontagiosum karena dapat memperburuk infeksi dan mempercepat penyebaran virus.
 

5. Pemantauan dan Kebersihan Rutin

Pastikan untuk menjaga kebersihan tubuh secara menyeluruh dan memantau perkembangan lesi. Untuk mengurangi risiko penularan, cuci tangan anda secara teratur dengan sabun dan air mengalir.
 

Mengatasi penyakit Moluskum Kontagiosum setelah berenang membutuhkan perawatan dan pencegahan yang baik. Mengikuti langkah-langkah kebersihan yang ketat dan memahami bagaimana virus ini menyebar adalah penting. 
 

 

Jika anda atau anak menunjukkan gejala Moluskum Kontagiosum, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.cdc.gov/poxvirus/molluscum-contagiosum/sp_recommendations.html

https://kidshealth.org/en/teens/molluscum-contagiosum.html

https://www.aad.org/public/diseases/a-z/molluscum-contagiosum-tips

YesDok Ads