5 CARA ATASI NYERI SAAT HAMIL

March 06, 2024 | Dea

cara mengatasi nyeri perut bagian bawah saat hamil, cara mengatasi nyeri punggung saat hamil, cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil, mengatasi nyeri perut saat hamil muda, mengatasi nyeri punggung saat hamil, yesdok

Sobat Yesdok, kehamilan adalah perjalanan yang melibatkan banyak perubahan fisik dan emosional bagi seorang wanita. Nyeri dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pertumbuhan janin, perubahan hormonal, dan peningkatan berat badan adalah salah satu masalah yang paling umum yang dialami ibu hamil. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Cara Atasi Nyeri Kehamilan

Berikut adalah enam cara yang dapat membantu mengatasi nyeri saat hamil, antara lain:
 

1. Peregangan dan Latihan Ringan

Untuk mengurangi nyeri dan ketegangan, lakukan latihan ringan sebelum persalinan, seperti peregangan lembut atau yoga. Menjaga kekuatan dan fleksibilitas otot juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan.
 

2. Pijatan

Pijat otot yang nyeri dengan lembut dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan. Selama kehamilan, pastikan untuk menggunakan teknik pijat yang aman dan menghindari titik tekanan karena dapat menyebabkan kontraksi.
 

3. Kompres Hangat atau Dingin

Kompres dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan dan meredakan nyeri otot.
 

4. Pertimbangkan Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti napas dalam, meditasi, atau biofeedback dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan tubuh anda, yang dapat memperburuk rasa sakit. Luangkan waktu setiap hari untuk relaksasi dan bersantai.
 

5. Perhatikan Postur Tubuh

Mengamati postur anda dapat membantu mengurangi stres dan rasa sakit. Selama duduk, berdiri, atau berjalan, pastikan punggung anda lurus.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/childbirth-pain-relief-options

https://www.webmd.com/baby/pregnancy-pain-relief

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy/art-20046080

 

YesDok Ads