5 CARA ATASI NYERI DADA

April 02, 2024 | Dea

nyeri dada sebelah kiri, nyeri dada, nyeri dada sebelah kiri hilang timbul, cara menghilangkan nyeri dada saat batuk, dada nyeri sebelah kiri, penyebab nyeri dada, cara mengatasi nyeri dada, yesdok

Sobat Yesdok, gejala nyeri dada tidak boleh diabaikan karena dapat menunjukkan masalah serius dalam tubuh, termasuk masalah jantung. Rasa tidak nyaman ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti stres, luka, atau masalah pernapasan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Cara Atasi Nyeri Dada

Berikut adalah enam cara yang bisa anda coba, antara lain:
 

1. Istirahat dan Relaksasi

Usahakan untuk beristirahat yang cukup saat mengalami nyeri dada. Coba untuk menenangkan diri dan mengurangi stres dengan melakukan teknik pernapasan dalam, meditasi, atau mendengarkan musik yang menenangkan. Sangat penting untuk mendapatkan jumlah istirahat yang cukup untuk membantu tubuh pulih dan mengurangi ketidaknyamanan.
 

2. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Nyeri dada yang disebabkan oleh faktor non-jantung, seperti peradangan atau otot tegang, dapat dikurangi dengan penggunaan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. 
 

3. Penerapan Kompres Dingin atau Panas

Kompres dingin atau panas dapat membantu mengurangi nyeri. Kompres panas dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan, dan kompres dingin dapat mengendurkan otot yang tegang. 
 

4. Minum Air Secukupnya

Nyeri dada atau memperburuk kondisi yang sudah ada dapat disebabkan oleh dehidrasi. Untuk menghindari dehidrasi, hindari minuman berkafein atau beralkohol dan minum jumlah air yang cukup setiap hari.
 

5. Perubahan Gaya Hidup

Mengelola berat badan yang sehat, berhenti merokok, mengurangi alkohol, dan menjaga pola makan yang seimbang adalah beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko mengalami nyeri dada.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/21209-chest-pain

https://www.bhf.org.uk/informationsupport/heart-matters-magazine/medical/chest-pain

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/chest-pain

 

YesDok Ads