5 CARA ATASI KULIT TELAPAK TANGAN KASAR

January 22, 2024 | Dea

cara menghaluskan kulit telapak tangan kasar, penyebab kulit telapak tangan kering dan kasar, cara mengatasi kulit kasar pada telapak tangan, cara mengatasi kulit kasar di telapak tangan, yesdok

Sobat Yesdok, kulit telapak tangan yang kering dan kasar dapat menjadi masalah umum, terutama jika kita tidak merawatnya dengan baik. Kulit yang kering dan kasar dapat menyebabkan masalah kulit lebih serius. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Cara Atasi Kulit Telapak Tangan Kasar

Berikut ini beberapa cara atasi kulit telapak tangan yang kasar, antara lain:
 

1. Pembersihan yang Lembut

Untuk menjaga kulit telapak tangan tetap lembut, pilih sabun yang lembut dan bebas pewangi. Hindari sabun yang mengandung bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit. Setelah mencuci tangan, keringkan dengan menepuk-nepuk dengan handuk daripada menggosok secara kasar.
 

2. Gunakan Pelembab Secara Rutin

Untuk menjaga kulit telapak tangan tetap lembab, gunakan pelembab secara teratur. Pilih pelembab yang mengandung gliserin, asam hialuronat, atau minyak alami seperti minyak kelapa atau zaitun. Oleskan pelembab setiap kali kering atau setelah mencuci tangan.
 

3. Lindungi Tangan Saat Berkegiatan

Ketika anda melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seperti membersihkan rumah atau menggunakan bahan kimia, gunakan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang dapat merusak kulit.
 

4. Eksfoliasi Secara Teratur

Eksfoliasi, yang dilakukan satu atau dua kali seminggu, dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Gunakan scrub atau eksfolian yang lembut, dan hindari menggosok kulit terlalu keras agar tidak merusaknya.
 

5. Hindari Air Panas Berlebih

Hindari air panas saat mencuci tangan karena dapat menghilangkan kelembaban alami kulit. Setelah mencuci, oleskan pelembab segera setelahnya. Selain itu, saat beraktivitas di bawah sinar matahari, gunakan tabir surya untuk melindungi kulit tangan dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kekeringan.

Hindari mengabaikan perawatan kulit telapak tangan secara teratur, terutama saat cuaca dingin atau ketika tangan sangat beraktivitas.
 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dermatologi agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/soft-hands

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321212

https://www.skincancer-specialists.com/how-to-treat-dry-and-cracked-hands/

YesDok Ads