5 BAHAYA KUKU KOTOR BAGI KESEHATAN

February 12, 2024 | Dea

Bahaya kuku kotor, kuku kotor, kuku panjang kotor, cara menghilangkan kotoran di kuku kaki, yesdok

Sobat Yesdok, Terkadang, kuku yang terlihat bersih tidak benar-benar bersih. Kebanyakan dari kita tidak menyadarinya, meskipun tampaknya bersih, bisa menjadi sarang kuman, bakteri, dan bahkan parasit. Untuk menjaga kuku tetap bersih, rutinitas mencuci tangan tidak cukup. Kuku kotor dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang signifikan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Bahaya Kuku Kotor

Berikut ini beberapa bahaya yang perlu anda waspadai saat kuku anda panjang dan kotor, antara lain:
 

1. Penyakit Jamur Kuku

Jamur senang tumbuh dan berkembang biak di kuku yang kotor dan lembab. Infeksi jamur kuku dapat menyebabkan kuku rapuh dan menguning, bahkan di mana saja. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan estetika, tetapi jika tidak diobati dengan benar, dapat menyebabkan infeksi yang berbahaya.
 

2. Infeksi Bakteri

Kuku yang tidak dibersihkan dapat menjadi tempat berkembang biaknya berbagai jenis bakteri, termasuk bakteri yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Bakteri ini dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh anda dan menyebabkan infeksi saluran pencernaan atau infeksi kulit ketika menyentuh wajah atau makan tanpa mencuci tangan.
 

3. Penularan Penyakit

Menggunakan tangan yang memiliki kuman dan bakteri dari kuku kotor untuk menyentuh mulut, hidung, atau mata dapat menjadi cara yang mudah untuk menularkan penyakit, terutama penyakit pernapasan dan penyakit menular lainnya. Bakteri dan virus dapat bertahan di bawah kuku dalam jangka waktu yang cukup lama, meningkatkan kemungkinan penularan penyakit.
 

4. Risiko Infeksi Kulit

Ketika menggunakan tangan anda untuk menggaruk atau mengorek kuku yang kotor, hal ini dapat menyebabkan luka kecil pada kulit di sekitar kuku. Luka-luka ini memungkinkan bakteri dan jamur untuk masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi kulit seperti paronikia (infeksi pada lipatan kulit di sekitar kuku) atau selulitis (infeksi jaringan kulit).
 

5. Gangguan Sistem Kelenjar Endokrin

Studi telah menunjukkan bahwa kebiasaan menggigit kuku berkorelasi dengan masalah dengan sistem kelenjar endokrin, yang mengatur produksi hormon tubuh. Kebiasaan ini dapat mengganggu keseimbangan hormon dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti gangguan tidur, stres, dan gangguan metabolisme.


 

Untuk menghindari risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh kuku kotor, sangat penting untuk menjaga kebersihan kuku dengan membersihkan dan memotongnya secara teratur. Selain itu, hindari kebiasaan merusak seperti menggigit atau mengorek kuku dengan benda tajam. Dengan menjaga kebersihan kuku, anda dapat melindungi diri dari berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri dan kuman yang tumbuh di bawah kuku.
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cdc.gov/hygiene/personal-hygiene/nails.html

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11256136/

https://academic.oup.com/jcem/article/90/4/2428/2836971

https://www.uclahealth.org/news/how-biting-your-nails-is-affecting-your-health

YesDok Ads