4 SOLUSI PUDARKAN DARK SPOT PADA WAJAH

September 28, 2023 | Dea

arkspot, flekhitam, noda, bintik, kulit, wajah, jerawat, komedo, luka, spf, matahari, uv, sunscreen, tabirsurya

Sobat YesDok, anda pastinya mendambakan kulit wajah yang mulus dan cerah. Berbagai cara anda lakukan mulai dari penggunaan produk skincare seperti retinol, niacinamide, ceramide, kojic acid, glycolic acid, azelaic acid dan vitamin c dengan harga yang sangat merogoh kantong. 
 

Hal ini membuat orang menjadi malas merawat diri karena diperlukan waktu berbulan-bulan untuk mencapai kulit yang cerah dan mulus. Tak jarang, orang-orang memilih jalan pintas dengan menggunakan cream wajah yang mengandung merkuri yang murah dan instan. 
 

Hasilnya benar-benar menjanjikan, namun dapat berdampak buruk bagi kulit wajah anda kedepannya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara mudah dan murah bagi anda yang ingin memudarkan dark spot pada wajah, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

 



 

Penyebab Dark Spot


 

Dark spot yang dikenal dengan noda atau bintik hitam di wajah karena terjadinya hiperpigmentasi yang membuat kulit terlalu banyak memproduksi melanin. Meskipun hal ini tidak berbahaya, namun dampaknya dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

 

Berikut ini penyebab dari munculnya dark spot pada wajah, antara lain:

 

  • Bekas jerawat atau bekas psoriasis
     
  • Bekas luka karena gigitan serangga
     
  • Bekas luka bakar ataupun sayatan
     
  • Iritasi karena produk rambut tertentu
     
  • Karena perubahan hormonal
     
  • Karena penuaan
     
  • Paparan sinar uv berlebihan
     
  • Eksfoliasi berlebihan
     
  • Efek samping obat-obatan (antiinflamasi non steroid / NSAID)



 

Pencegahan Dark Spot


 

Umumnya flek hitam ini dapat memudar dengan sendirinya tergantung tingkat kegelapan warnanya. Jika warna gelapnya hanya coklat muda dan tidak jauh dari warna kulit anda, maka akan membutuhkan proses sekitar 6-12 bulan. Namun jika warnanya sangat gelap dan berbeda jauh dari warna kulit anda, maka membutuhkan waktu bertahun lamanya.

 

Oleh karena itu, lebih baik anda menghindari faktor-faktor tersebut dengan memperhatikan beberapa tindakan pencegahannya, antara lain:


 

  • Selalu biasakan diri untuk mengaplikasikan sunscreen SPF 30, setiap dua jam sebelum memulai aktivitas outdoor
     
  • Kenakan topi atau payung yang menghindari paparan langsung sinar matahari pada wajah
     
  • Usahakan tidak berada di bawah sinar matahari di atas jam 10 pagi hingga 2 siang hari




 

4 Solusi Pudarkan Dark Spot


 

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat anda aplikasikan tanpa mengeluarkan uang banyak  untuk memudarkan dark spot, antara lain:


 

  • Tomat
     

Tomat mengandung likopen yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Mengandung sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang membantu kulit lebih bersinar dan bersih terawat. Anda cukup menghaluskan daging tomat lalu mengaplikasikan pada wajah dan tunggu selama 10 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini dengan rutin untuk hasil maksimal.

 

  • Aloe Vera
     

Lidah buaya yang terkenal sangat baik bagi pertumbuhan rambut, ternyata juga ampuh untuk menghilangkan dark spot. Khasiatnya dalam menenangkan dan melembabkan kulit karena mengandung 99,5 % air yang dapat menghidrasi kulit dan memudarkan flek hitam. Cara penggunaan aplikasikan ke wajah gel pada daging aloe vera, lalu tunggu selama 10-20 menit dan bilas dengan air hangat.

 

  • Timun
     

Timun kaya akan antioksidan, vitamin dan senyawa silika yang dapat memudarkan flek hitam atau hiperpigmentasi pada kulit wajah. Cara pemakaian haluskan timun, lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

 

  • Kunyit
     

Kunyit dapat membantu mengurangi produksi melanin karena mengandung kurkumin (antioksidan dengan efek anti-melanogenik). Kunyit dapat memudarkan dark spot dan membuat kulit terlihat lebih bersih. Cara pemakaian campurkan bubuk kunyit atau kunyit yang sudah dihaluskan ke air secukupnya, lalu oleskan secara merata keseluruh wajah tunggu hingga 20-30 menit. Lalu bilas dengan air.



 

Jaga selalu kesehatan kulit anda, untuk kulit sehat dan mulus tidak selalu dengan cara yang mahal apalagi dengan jalan pintas. Utamakan kesehatan psikis dan kurangi mengonsumsi junkfood dan hindari paparan sinar matahari dalam durasi berjam-jam. Selalu aplikasikan tabir surya pada kulit anda sebelum dan sesudah beraktivitas.

 


 

REFERENSI



 

https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/fade-dark-spots

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-dark-spots-on-the-face#home-remedies

https://pharmeasy.in/blog/best-ways-to-reduce-dark-spots-on-the-face/

YesDok Ads